Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui media kartu “HIPAT”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik  analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan cara menganalisis data dari hasil catatan observasi, catatan wawancara dan catatan dokumentasi selama penelitian dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. Analisis data kuantitatif melalui statistik deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di TK Kartika IV Ngawi pada anak kelompok B sebanyak 11 anak. Hasil penelitian memberikan implikasi bahwa media kartu “HIPAT” dapat dijadikan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Wijayanti, A., & Rahmawati, A. D. (2019). Penggunaan Media Kartu “HIPAT” untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak TK. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 1578–1585. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/215