Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Rulynda Tiara Dewi
Vit Ardhyantama
Hasan Khalawi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik sekolah dasar, (2) faktor pendukung implementasi Profil Pelajar Pancasila, (3) faktor penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil menunjukan bahwa: (1) Implementasi Profil Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik SD Negeri 2 Baleharjo dilaksanakan secara menyeluruh mulai dari kegiatan pembelajaran, pembiasaan, ekstrakurikuler, dan kokurikuler yang menjadikan siswa memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.  (2) Faktor pendukung implementasi Profil Pelajar Pancasila yaitu sarana dan prasarana yang baik, terdapat tenaga pengajar yang mengikuti program guru penggerak dan kondisi lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif. (3)  faktor penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila yaitu keterbatasan guru dalam menyusun RPP, keterbatasan guru dalam menggunakan media IT serta sumber belajar yang bervariasi, dan menurunya minat belajar siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dewi, R. T. ., Ardhyantama, V., & Khalawi, H. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Scholarly Journal of Elementary School, 4(1), 15–26. https://doi.org/10.21137/sjes.2024.4.1.2
Bagian
Articles
Biografi Penulis

Vit Ardhyantama, STKIP PGRI Pacitan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819

Arianti. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.148

Dalimunthe, R. A. A. (2016). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Firmansyah, E., Nasucha, Z., & Muzfirah, S. (2021). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 144–161. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.3056

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10

Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7

Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Musyadad, V. F., Hanafiah, Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(6), 1936–1941. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Noventari, W. (2020). Konsepsi merdeka belajar dalam sistem among menurut … 83 Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki. (Mu’arif, 2008: 74)., 15(1), 83–91. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Renna, H. R. P. (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 7–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Sahelatua, L. V. dan M. (2018). Kendala guru memanfaatkan media It dalam pembelajaran di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8579/3601

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Sasami, R. H. (2018). Implementasi Kebijakan Lima Hari Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Fondasi Dan Aplikasi, 6(2), 112–120. http://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa

Setyowati, L. M. U. U. dan L. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan : Bandung, 6, 26.

Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–168. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39

Wulandari, E., Taufik, M., & Kuncahyo. (2018). Analisis implementasi full day school sebagai upaya pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5904