Implikasi Program Adiwiyata terhadap Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program adiwiyata dan implikasi pelaksanaan program adiwiyata terhadap karakter peduli lingkungan di Sekolah Dasar Negeri 2 Purwoasri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas V. Objek penelitian adalah pelaksanaan program adiwiyata dan karakter peduli lingkungan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan program adiwiyata di Sekolah Dasar Negeri 2 Purwoasri memiliki kategori sangat baik dengan skor sebesar 4,14 dan terlaksana sesuai standar program adiwiyata dari pemerintah, (2) implikasi program adiwiyata terhadap karakter peduli lingkungan siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Purwoasri pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 53% dan kategori baik dengan persentase 47%.
Rincian Artikel
Referensi
A.Michael Huberman, Mattew B. Miles, & J.S. (2014). Qualitative Data Analysis A methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications,inc. https://project.wnyc.org/
Hutami, Dian. 2020. Pendidikan Karakter Kebangsaan untuk Anak : Peduli Lingkungan dan Peduli Sosial. Yogyakarta: Cosmic Media Nusantara
Indonesia, L. H. (2020). Lingkungan hidup indonesia.
KLHK RI. 2021. “Penghargaan Adiwiyata 2021: Refleksi Optimisme Generasi Muda Peduli Lingkungan”. https://www.menlhk.go.id/site/single_post/4591/penghargaan-adiwiyata-2021-refleksi-optimisme-generasi-muda-peduli-lingkungan
Kurniawati, Marta Indah. 2020. “Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Melalui Program Adiwiyata Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 10 Blitar”. Central Library of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University Of Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/24169/1/16140043.pdf
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). “Analisis Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Kota Ruteng”. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259–266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Peraturan Menteri LHK RI. 2013. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia
Peraturan Menteri LHK RI. 2019. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P. 52/MENLHK.SETJEN/KUM.1/9/2019 Tentang Gerakan Peduli Dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah. Jakarta : Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia.
Permendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarta : Mendikbud.
Rahma, Khairu. 2020. “Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Sebagai Upaya Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMPN 207 Jakarta”. Univeristas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54035/1/11150150000092_Khairu%20Rahma%20%28PT%29.pdf
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2022. Pendampingan Pembuatan Alat Permainan Edukatif (APE) Bagi Guru Taman Kanak-Kanak. Repository STKIP PGRI Pacitan. https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/1047/
Suryatin, S. (2020). The Effectiveness of Cooperative Learning in the Course of Mathematic Problem Solving. Indonesian Jurnal of Elementary Teachers Education, 1(2), 85-98. https://doi.org/10.25134/ijete.v1i2.3683