Penerapan Model POE Berbantuan Media Realia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Isi Artikel Utama

Islamiati Safitri
Emi Sulistri
Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk:1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkan model POE berbantuan media realia pada materi gaya; 2) untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran POE berbantuan media realia pada materi gaya. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Grup Pre Test Post Test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 09 Semelagi. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Analisis tes kemampuan berpikir kreatif rumusan pertama menggunakan persamaan N-gain ternormalisasi dan untuk rumusan kedua menggunakan perhitungan persentase keterlaksanaan model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dari hasil perhitungan rata-rata N-gain kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,6 yang berada pada kategori sedang, artinya model pembelajaran POE berbantuan media realia dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran POE berbantuan media realia pada materi gaya; 2) perhitungan rata-rata keterlaksanaan sebesar 88% dengan kriteria sangat baik, artinya model pembelajaran POE berbantuan media realia terlaksana dengan sangat baik pada materi gaya di kelas IV  SDN 09 Semelagi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Safitri, I., Sulistri, E. ., & Prihatiningtyas , N. C. . (2024). Penerapan Model POE Berbantuan Media Realia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa . Scholarly Journal of Elementary School, 4(1), 27–35. https://doi.org/10.21137/sjes.2024.4.1.3
Bagian
Articles

Referensi

Anjarsari, P. 2014. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir (Thinking Skills) dalam pembelajaran IPA SMP. Pendidikan IPA Universitas Negeri Yogyakarta 5 (1), 1-10.

Apriansyah, Chandra. 2018. Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Penggunaan Media Realia. Jurnal Audi. STKIP Panca Sakti Bekasi

Awang, H dan Ramli, 2013. Kreativitas dan Keberbakatan Mengapa, Apa dan Bagaimana. Jakarta: PT. Indeks.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

De Bono, E. 2007. Revolusi Berpikir. Bandung: Kaifa.

Dewi, S., & Kelana, J. B. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif IPA Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contextual Teaching and Learning. COLLASE Creative of Learning Students Elementary Education, 2(6), 235-239.

Erviana, L. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict–Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII Pada Materi Fotosintesis DI MAN 2 Palembang. (Doctoral dissertation, UIN RADEN FATAH PALEMBANG). 11-12.

Febrianti, Y., Djahir, Y., & Fatimah, S. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dengan Memanfaatkan Lingkungan pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 3(1), 121-127.

Indriana, Vida. 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas XI IPA. Jurnal Daya Matematis, Volume 3 Nomor 1.

Kartika, H., Harjono, Sumarni, W., & Murbangun. 2019. Kontribusi Virtual Laboratory Pada Pembelajaran Titrasi Asam-Basa Dengan Predict- Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Phenomenon, 9(2), 190–205.

Kusuma, A. D., & Dwiastuti, S. 2018. Pengaruh Problem Posing dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 15(1), 296–301.

Lailatul, N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar, Jurnal Program Studi Pgmi,Vol 4,No (1),Hal 134-150.

Marisa. 2015. Komputer dan Media Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Muflikhah, D. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Mulyaningsih, T., & Ratu, N. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP. 3(5), 1– 10.

Muna, Aliyatul Izza. 2017. Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. Jurnal Studi Agama. 5(1).

Munandar, Ashar Sunyoto. 2014. Psikologi Industri Dan Organisasi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Rosidah, Ani. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Cakrawala Pendas 3. 2(31).

Sekar, D. 2015. Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas IV Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 11–21.

Sugiharti. 2018. Penggunaan media realia untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar matematika kompotensi mengenal lambang bilangan pada siswa kelas 1 SDN 02. Kartoharjo Kota Madiun Thinking Skills dan Sikap Ilmiah Siswa (Vol. 23). Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Warsono, dan Hariyanto. 2017. Pembelajaran Aktif Teori dan Assesmen. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Wulandari, Ike. 2017. Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Al Arsyad Metro Pusat Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.