Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik Materi IPA

Isi Artikel Utama

Okta Dwi Hardianty
Lina Erviana
Afid Burhanuddin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) proses elajar siswa kelas V pada pembelajaran tematik materi IPA di SD Negeri 2 jetak, 2) keterampilan bertanya siswa kelas V pada pembelajaran tematik materi IPA di SD Negeri 2 jetak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 2 jetak. Teknik pengumpulan data, dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses belajar siswa kelas V saat pembelajaran tematik materi IPA sudah terlaksana dengan baik, sudah ada interaksi yang baik antara guru dan siswa. Pembelajaran tematik di kelas V menggunakan dua buku pelajaran, yaitu buku paket tematik dan buku LKS tematik. 2) Keterampilan bertanya siswa kelas V pada pembelajaran tematik sangat bervariasi, beberapa siswa merasa senang ketika bertanya saat pembelajaran di kelas, sebab bisa mendapatkan reward berupa nilai tambahan. Serta keterampilan bertanya guru juga ikut memancing dan memotivasi siswa untuk bertanya, sehingga mengalami peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya. Jadi siswa yang memiliki keterampilan bertanya yang baik cenderung lebih aktif selama proses pembelajaran dan berprestasi, dibandingkan dengan siswa yang tidak memiliki keterampilan bertanya.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hardianty, O. D., Erviana, L., & Burhanuddin, A. (2024). Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V pada Pembelajaran Tematik Materi IPA. Scholarly Journal of Elementary School, 4(1), 36–46. https://doi.org/10.21137/sjes.2024.4.1.4
Bagian
Articles

Referensi

Alfath, Sujarwo, H. (2021). The Impact of Educational Practices in Learning Comics and Video Media on Social Science Subjects as Alternatives in a Pandemic Period. Kuram ve Uygulamada Eğitim Yönetimi. Educational Administration: Theory and Practice. 27, 1125–1132. Diunduh 1 Agustus 2023

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diunduh 31 Juli 2023

Ekawati, N.D. 2016. “Pendekatan Saintifik Terhadap Kompetensi Konsep Energi Panas pada Anak Tunarungu”. Jurnal Pendidikan Khusus, 1-10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/15680%0A https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/15680/14220 Diunduh 31 Juli 2023

Erviana, L. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Sebagai Sarana Praktikum Ipa Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di Smp-It Ar Rahmah Pacitan. Dinamika Pendidikan Dasar, 7(2), 71–77.

Fath, A. M. AL, & Mabruri, Z. (2023). Pembelajaran IPS di SD Negeri Pendem II untuk menumbuhkan kearifan lokal melalui wisata gunung Kemukus. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 131–144. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.13339

Handayani, S. 2014. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru IPS Sekolah Dasar Melalui Penerapan Keterampilan Mengajar. (Jurnal). Universitas Jember. Jember. Diunduh 26 Desember 2022.

Hosnan. (2019). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (ed. 2). Jakarta: Ghalia Indonesia IV. Di Download 2 Januari 2023. Diunduh 2 Januari 2023. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/15236 Diunduh 2 Januari 2023. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/6354 Diunduh 2 Januari 2023.

Kalsum, Ummi, dkk. 2022. “Analisis Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu, Vol.6, No.1. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1921 Diunduh 13 Desember 2022.

Kementrian pendidikan dan kebudayaan. (2016) peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia No. 22 tahun 2016 Tentang standard Proses Pendidikan dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri pendidikan dan Kebudayaan republic Indonesia. Diunduh 31 Juli 2023.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 74-79.

Meiria Sylfia Astuti. 2015. Peningkatan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sdn Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Pati. Diakses pada URL: http://ejournal.uksw.edu/scholari a/article/view/3 Diunduh 26 Desember 2022.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sa’dun, Akbar. 2013. Intrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya. Diunduh 13 Desember 2022.

Slameto. (2019). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. Diunduh 26 Desember 2022.