Keaktifan Belajar Siswa SD pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match

Isi Artikel Utama

Siti Anisah
Lina Erviana
Mega Isvandiana Purnamasari

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) penggunaan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaran IPA kelas V SDN 2 Gunungsari. (2) keaktifan belajar siswa setelah menggunkan model pembelajaran Make A Match pada pembelajaran IPA kelas V SDN 2 Gunungsari. (3) faktor pendukung dan penghambat kekatifan siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Make A Match kelas V SDN 2 Gunungsari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data memperoleh 1. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan media kartu berpasangan mampu menarik perhatian, semangat siswa sehingga pembelajaran tidak merasa bosan dan jenuh. 2. Siswa aktif mengikuti pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran Make A Match. Dapat  membuat siswa lebih aktif bertanya, berpendapat, berdiskusi saling bertukar informasi dan dapat memecahkan masalah yang diberikan guru. 3. Faktor  pendukung pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match yaitu pembelajaran serta materi terarah, tidak kaku, interaksi siswa, tanggung jawab, dan pengetahuan siswa. faktor penghambat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match yaitu ketidak tertiban siswa.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anisah, S., Erviana, L., & Purnamasari, M. I. . (2023). Keaktifan Belajar Siswa SD pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match . Scholarly Journal of Elementary School, 3(2), 121–131. https://doi.org/10.21137/sjes.2023.3.2.6
Bagian
Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>