Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Akalimatika untuk Memperkuat Pemahaman Konsep Perkalian
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika; 2) mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika dapat memperkuat konsep perkalian siswa kelas II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan media akalimatika meliputi penyampaian petunjuk penggunaan, penjelasan konsep perkalian dan pemberian kesempatan siswa mempelajari konsep perkalian dengan menggunakan media. Proses belajar mengajar terjadi secara dua arah antara guru dan siswa; 2) berdasarkan indikator pemahaman konsep perkalian dari dokumentasi hasil tes dan wawancara sebanyak 75% siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan indikator pemahaman konsep perkalian tanpa bimbingan guru, sedangkan 25% siswa masih memerlukan bimbingan guru. Dengan demikian, penggunaan media akalimatika mampu memperkuat konsep perkalian siswa kelas II Sekolah Dasar.
Rincian Artikel
Referensi
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785
Al-Fath, A. M., & Muslim, A. H. (2022). Penggunaan Media KGW (Karton Gambar Wayang) Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN Pendem II. Taman Cendekia, 6.
Al Fath, A. M. (2021). Teams Games Tournament Assisted by Tic Tac Toe Media on the Effectiveness of Students in Learning. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1287–1294. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.784
Alfath, A. M., Sujarwo, & Harun. (2021). The impact of educational practices in learning comics and video media on social science subjects as alternatives in a pandemic period. Educational Administration: Theory and Practice, 27(3), 1125–1132. https://doi.org/10.17762/kuey.v27i3.257
Creswell, J. ., & Creswell, J. D. (2018). Research Design (Fifth). SAGE.
Creswell, J. W. (2009). Table of Contents PART I - Preliminary Considerations PART II - Designing Research (Third). SAGE.
Elok, N. (2023). Cara Menghitung Persen dengan Mudah dan Contoh Penerapannya dalam Soal. Narasi Daily. https://narasi.tv/read/narasi-daily/cara-menghitung-persen
Fath, A. M. Al. (2014). Dalam Proses Pembelajaran Untuk Mendukung Program Go Green Di Sd Negeri Semanten.
Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3).
Gradini, E. (2016). Miskonsepsi Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Dataran Tinggi Gayo. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 52–60.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Jhonson, R. B., & Christensen, L. (2014). Educational Research (Fifth). SAGE.
Khamidin, A. (2017). Penerapan Media Papan Perkalian Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Ii Sd Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Seminar Nasional PGSD, 1328–1339.
Kurniawati, L. N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian Menggunakan Papan Perkalian. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(2), 113–119. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i2.52
Lengam, R., Al-Fath, A. M., & Sari, S. ratna. (2023). Thematic Teaching Materials in Local Cultural Perspective Maluku Aru Islands. 1(4), 170–174.
Mack, N., Cynthia, W., K.M, M., Guest, G., & Namey, E. (2005). Qualitative Research Methods: A Data Collector’s Field Guide. Familiy Health International.
Mei, A., Naja, F. Y., & Sa’o, S. (2020). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Kontekstual Untuk Materi Geometri Pada Siswa Kelas Vii Smpn 2 Ende Selatan. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1610
Miles, M. B., Huberman, A. ., & Johnny, S. (2014). Qualitative Data Analysis (Third). SAGE.
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Buku Beta.
Murdiyanto, T., & Mahatama, Y. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Sarwahita, 11(1), 38. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.07
Primasari, R., Zulfiani, Z., & Herlanti, Y. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Di Madrasah Aliah Negeri Se-Jakarta Selatan. Edusains, 6(1), 67–72. https://doi.org/10.15408/es.v6i1.1101
Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.499
Sani, R. . (2014). Inovasi Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Saputro, H. B. (2018). Pengembangan Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung untuk Mahasiswa PGSD UAD. JPSD, 5(1), 2614–0136. https://doi.org/10.26555/jpsd
Suryatin, S. (2020). The Effectiveness of Cooperative Learning in the Course of Mathematic Problem Solving. Indonesian Journal of Elementary Teachers Education, 1(2). https://journal.uniku.ac.id/index.php/ijete/article/view/3683/2255
Suryatin, S., & Sugiman, S. (2019). Comic book for improving the elementary school students’ mathematical problem solving skills and self-confidence. Jurnal Prima Edukasia, 7(1), 58–72. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/10747/pdf