Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri IV Sempu

Isi Artikel Utama

Alva Febiyana
Lina Erviana
Nurhayati Nurhayati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) sikap peduli lingkungan siswa; 2) faktor pendukung dan faktor penghambat sikap peduli  lingkungan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan dekriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.  Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas empat dan guru wali kelas  tiga. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi, wawancara dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, validasi dan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) sikap peduli  lingkungan  di  siswa  kelas  IV  SD  Negeri  4 Sempu menunjukkan hasil sangat baik hal yang perlu di tingkatkan adalah pengolahan sampah menjadi barang yang berguna dan  kreatif. 2) faktor  pedukung  sikap peduli lingkungan siswa kelas IV SD Negeri Sempu yaitu motivasi diri, motivasi  orang tua, dan guru. Kemudian faktor penghambatnya adalah faktor teman disekitar. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Febiyana, A., Erviana, L. ., & Nurhayati, N. (2024). Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas IV SD Negeri IV Sempu . Scholarly Journal of Elementary School, 4(2), 95–103. https://doi.org/10.21137/sjes.2024.4.2.1
Bagian
Articles

Referensi

Ardhyantama, V. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 95. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i2.10819

Arianti. (2022). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Education : Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.51903/education.v2i1.148

Dalimunthe, R. A. A. (2016). Strategi Dan Implementasi Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Smp N 9 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 102–111. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8616

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88. https://doi.org/10.35457/konstruk.v14i1.1876

Firmansyah, E., Nasucha, Z., & Muzfirah, S. (2021). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 144–161. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v6i2.3056

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. Idarotuna : Journal of Administrative Science, 1(2), 81–94. https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10

Inayah, N. N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. Journal of Education and Learning Sciences, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7

Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 287–293. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Musyadad, V. F., Hanafiah, Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 5(6), 1936–1941. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Noventari, W. (2020). Konsepsi merdeka belajar dalam sistem among menurut … 83 Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki. (Mu’arif, 2008: 74)., 15(1), 83–91. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Renna, H. R. P. (2022). Konsep Pendidikan Menurut John Locke dan Relevansinya bagi Pendidikan Sekolah Dasar di Wilayah Pedalaman Papua. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 7–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1698

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Safitri, A., & Nurmayanti, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(3), 149–159. https://doi.org/10.30651/didaktis.v18i3.1846

Sahelatua, L. V. dan M. (2018). Kendala guru memanfaatkan media It dalam pembelajaran di Sdn 1 Pagar Air Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 131–140. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/8579/3601

Sari, Z. A. A., Nurasiah, I., Lyesmaya, D., Nasihin, N., & Hasanudin, H. (2022). Wayang Sukuraga: Media Pengembangan Karakter Menuju Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3526–3535. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2698

Sasami, R. H. (2018). Implementasi Kebijakan Lima Hari Sekolah Sebagai Sarana Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Fondasi Dan Aplikasi, 6(2), 112–120. http://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa

Setyowati, L. M. U. U. dan L. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa Untuk Menjadi Warga Negara Yang Baik Di Sma Korpri Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan : Bandung, 6, 26.

Susilawati, E., Sarifuddin, S., Data, P., & Pendidikan, K. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 25(2), 155–168. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39

Wulandari, E., Taufik, M., & Kuncahyo. (2018). Analisis implementasi full day school sebagai upaya pembentukan karakter siswa di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 65–74. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5904

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama