Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Inklusi Kabupaten Pacitan Wilayah Timur
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kesiapan fisik dan sarana prasarana dalam proses pelaksanaan pendidikan inklusi, 2) mengetahui kesiapan sumber daya manusia dalam proses pelaksanaan pendidikan inklusi, 3) mengetahui hambatan dalam penyelenggaraan pendidikan Inklusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) persentase kesiapan sarana dan prasarana mencapai 62,5%, mengindikasikan bahwa kedua sekolah siap melaksanakan pendidikan inklusi. 2) kesiapan sumber daya manusia juga terpenuhi dengan adanya lebih dari 2 Guru Pendamping Khusus yang terlatih di kedua sekolah, 3) hambatan yang dihadapi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif meliputi kurangnya beberapa fasilitas pendukung seperti media pembelajaran dan belum adanya aksesbilitas bagi anak berkebutuhan khusus serta kurangnya atensi dari orangtua siswa.
Rincian Artikel
Referensi
Amanah, Siti, 2021. Pendidikan Karakter pada Anak Berkebutuhan Khusus di Lembaga Insan Cemerlang Desa Tanjung Sepreh Kecamatan Maospati Magetan. Journal of Early Childhood Education Studies Vol. 1 No.1. ISSN (Online): 2808-0041
Annur, Cindy Mutia. (2023). Jumlah Pekerja Disabilitas Indonesia Berdasarkan Jenis Kelamin (2021-2022). Diakses Pada 02 Juli 2023. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/06/22/jumlah-pekerja-disabilitas-indonesia-meningkat-pada-2022-didominasi-laki-laki
Drianah. 2017. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Joyfull and Meaningful Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, Vol 2. e-ISSN 2598-4845; p-ISSN 2355-018X
Fajra, M., Jalinus, N., Jama, J., & Dakhi, O. (2020). Pengembangan Model Kurikulum Sekolah Inklusi Berdasarkan Kebutuhan Perseorangan Anak Didik . Jurnal Pendidikan, 21(1), 51–63. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.746.2020
Hasanah, Yenni Merinatul. 2017. Evaluasi Program wajib Belajar 12 Tahun Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Vol.5, No.2. DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.8546
Indriawati, P. 2013. Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pembimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1 (1): 49-55.
Kadir, Abdul. (2016). Penyelenggaraan Sekolah Inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 1-22. https://doi.org/10.15642/jpai.2015.3.1.1-22
Milles & Huberman. 2014. Qualitative Data Analiysis. Sage publications.
Mularsih, Heni. 2019. Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Inklusi sekolah dasar Negeri di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan seni. 94-104. https://lintar.untar.ac.id/repository/penelitian/buktipenelitian_10192058_20A163821.pdf
Purnamasari,I.M., Burhanuddin, A., & Fitria,H. 2022. Pola Asuh Orang Tua dan Imlikasinya terhadap, Prestasi Akademik Siswa Skolah Dasar yang Berkegiatan di TPA Alba. SJES: Scholarly Journal of Elementary School. 16-18. https://doi.org/10.21137/sjes.2021.1.1.3
Rokhim, Abdul. 2021. Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Jakarta. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Sari, Veronika Mayang. 2016. Metode Pengajaran yang Digunakan Guru di Sekolah Dasar Inklusi Se-Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Tarmansyah. (2007). Inklusi: Pendidikan untuk Semua. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.
Triwulandari, A., & Panditia, W.S.S. 2015. Sikap Guru terhadap Penerapan Program Inklusif Ditinjau dari Aspek Guru. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 (2): 122-130.
Wahyhastuti, Arfela. 2016. Identifikasi Hambatan-Hambatan Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas Iii A Sekolah Inklusi Sdn Giwangan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke-5