Analisis Keterampilan Menulis Menggunakan Media Ular Tangga Bagi Siswa Tunalaras Kelas Iv di Sd Negeri Banjarjo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterampilan menulis siswa tunalaras di SD Negeri Banjarjo kelas IV rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis siswa tunalaras di SD Negeri
Banjarjo menggunakan media ular tangga pada proses pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Banjarjo Tahun Pelajaran 2019/2020 yang
berjumlah 1 orang berjenis kelamin laki-laki. Pengambilan subjek menggunakan teknik
purposive sampling. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa:1) pembelajaran yang dilakukan guru
terhadap siswa tunalaras harus menggunakan perlakuan khusus 2) penggunaan media ular
tangga pada proses pembelajaran memberikan pengaruh yang positif terhadap siswa
tunalaras meskipun hanya sedikit 3) setelah penggunaan media ular tangga siswa mau menulis
tetapi hanya beberapa dan lebih antusias untuk menyuarakan pendapatnya.