Pengaruh Model PBL Berbantuan Video Animasi terhadap Hasil Belajar IPA

Isi Artikel Utama

Siti Rosiana
Rosmaiyadi Rosmaiyadi
Rini Setyowati

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di SDN 82 Singkawang. Jenis penelitiannya yaitu kuantitatif dengan metode quasi experiment. Desain penelitian ini menggunakan nonequivalent comparison-group design. Populasi penelitiannya seluruh siswa kelas IV SDN 82 Singkawang menggunakan teknik pengambilan sampel tidak acak. Hasil penelitian: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara kelas eksperimen 1 dan 2 yang dihitung menggunakan uji t dengan thitung>ttabel yaitu 6,806 > 2,00; (2) Model problem based learning berbantuan video animasi memberikan pengaruh tinggi terhadap hasil belajar kognitif pada pembelajaran IPA sebesar 2,154 (kriteria tinggi). (3) Peningkatan model problem based learning berbantuan video animasi terhadap hasil belajar kognitif siswa berada dalam kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan hasil 0,43. Sehingga dapat disimpulkan model problem based learning berbantuan video animasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ranah kognitif.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rosiana, S., Rosmaiyadi, R., & Setyowati , R. . (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Video Animasi terhadap Hasil Belajar IPA . Scholarly Journal of Elementary School, 4(1), 82–94. https://doi.org/10.21137/sjes.2024.4.1.8
Bagian
Articles

Referensi

Agus, S. 2016. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta: Elec media Komputindo.

Dasna, I. 2016. Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Dewi, N, M, J. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Tegallalang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi.

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Fakhri, dkk. 2019. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Fitri. 2014. Pengaruh Model PBL Bermedia Muatan Lokal dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Zat di Kelas VII SMP. Jurnal Edu-Sains. Vol. 3 (2)

Gunantara, G. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas V Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2, No. 1.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ismail, dkk. 2017. Startegi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Kemdikbudristek. 2022. Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.

Maha Dewi, A. 2013. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Undiksha.

Rahmayanti, L. 2018. “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sukodono Sidoarjo.” JPGSD Vol.6(4): 429-439.

Maulana, dkk. 2019. Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: Gramedia.

Munir. 2013. Multimedia dan Konsep Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nugraha, S, A. 2020. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol(1)3: 270.

Ruri. 2016. Peringkat Pendidikan Indonesia Masih Rendah.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sastrawan, I, K, M. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Visual Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Tampaksiring Gianyar. Jurnal Mimbar Pendidikan Ganesa. Vol(2)1.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sutrisno. 2013. Pemahaman Konsep Reaksi Redoks Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ditinjau Ari Self-Regulated Learning Berbeda. Malang: UNM.

Syamsidah. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Bahan Makanan. Sleman: Deepublish.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.