Pemanfaatan Media Youtube dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Kata Kunci:
Youtube, media pembelajaran, bahasa IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan media YouTube dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Fokus penelitian ini meliputi langkah-langkah pembelajaran bahasa Indonesia, dan pedoman peran guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan analisis konten. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini diambil dari sebuah channel youtube Arisa Nur Aini. Arisa Nur Aini merupakan alumni mahasiswi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2007. Dengan konten video pertama berjudul anekdot kerbau yang dipublikasikan pada tanggal 15 Mei 2020. Konten ini merupakan cuplikan video praktik anekdot yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Limbangan, Semarang, Jawa Tengah. Ia memulai konten dengan sangat sederhana hingga menarik. Tujuan pembuatan konten oleh Arisa Nur Aini mungkin waktu itu masa pandemi, jadi tidak bisa bertatap muka secara langsung di sekolah. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia terutama di kelas 10 merupakan tahap kritis dalam pendidikan, di mana siswa mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan akademik yang lebih tinggi di masa depan. Langkah- langkah pembelajaran yang terstruktur dan efektif sangat penting untuk membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman dan mencapai prestasi akademik yang optimal. Siswa harus mencakup tujuan pembelajaran yang jelas dan spesifik, mengidentifikasi materi pelajaran yang akan dipelajari, serta merencanakan kegiatan dan sumber daya yang dibutuhkan. Menyusun rencana pembelajaran yang terarah, berpartisipasi secara aktif, melibatkan siswa dalam beragam kegiatan, mengembangkan kebiasaan belajar yang efektif, dan merefleksikan pemahaman adalah uapaya yang dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman mereka dan mencapai prestasi akademik yang lebih baik di kelas 10 SMA.