Pendampingan Simulasi Math Playground sebagai Teknologi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika
DOI:
https://doi.org/10.21137/sjes.2023.8.2.1Keywords:
Math Playground, Media PembelajaranAbstract
Pemanfaatan teknologi pembelajaran sebagai progam peningkatkan kemampuan kecakapan teknologi yang sudah dicanangkan bersamaan dengan program kampus mengajar dimana dilaksanakan di SMP Negeri 3 Guntur. Tujuan dari pengabdian ini untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa di SMP Negeri 3 Guntur yang mana masih rendah. Kegiatan ini mencakup beberapa tahap, yaitu pengenalan program kepada sekolah, sosialisasi program kepada siswa, implementasi program kepada siswa, dan penilaian terhadap kemampuan literasi matematis siswa. Metode yang diimplementasikan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi matematis siswa setelah menggunakan teknologi pembelajaran dan Math Playground. Sebanyak 80% siswa dapat menerima materi dengan baik dan dapat menyelesaiakn soal yang memuat infikator literasi matematis dengan sangat baik. Di sisi lain, siswa mendapatkan dampak dalam bidang teknologi pembelajaran, yaitu siswa dapat menggunakan dan mengoperasikan teknologi pembelajaran yang terkhusus gawai dan laptop, yang mana hal ini selaras dengan program yang telah dicanangkan oleh pemerintah dalam kegiatan kampus mengajar.