Eco-English Fun: Integrasi Bimbel Bahasa Inggris dan Edukasi Pilah Sampah pada Anak-Anak Desa Nawangan

Authors

  • Yusuf Mukib STKIP PGRI Pacitan
  • Ari Cahyono

DOI:

https://doi.org/10.21137/jse.2023.8.1.6

Keywords:

bimbingan belajar , bahasa inggris , sampah

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan (1) mengajarkan dan menumbuhkan minat belajar bahasa inggris ke anak-anak Desa Nawangan;(2) menumbuhkan kepedulian lingkungan melalui edukasi pilah sampah ke anak-anak Desa Nawangan; dan (3)membantu pelaksanaan pendidikan alternatif sebagai penunjang pembelajaran diluar sekolah formal di Desa Nawangan. Pengabdian yang berfokus pada isu pendidikan dan lingkungan ini dilatarbelakangi kelafaan bimbingan belajar anak-anak dan rendahnya kesadaran lingkungan di masyarakat. Sasaran kegiatan ini yakni anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Dusun Kasihan dan Dusun Tempel. Kegiatan dilakukan 7 pertemuan dengan metodenya yaitu penyampain materi, game, ice breaking, kuis dan pengumpulan sampah. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa kegiatan pengadian ini melalui 2 tahap, yaitu tahap observasi dan tahap pelaksanaan. Metode dalam kegiatan bimbel bahasa inggris ini dinilai efektif karena terbukti membuat sasaran merasa tertarik dan senang belajar bahasa inggris. Metode pengumpulan sampah menjadi media edukasi dan upaya pembentukan kebiasaan pilah sampah dari rumah.

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Mukib, Y. ., & Cahyono, A. . (2023). Eco-English Fun: Integrasi Bimbel Bahasa Inggris dan Edukasi Pilah Sampah pada Anak-Anak Desa Nawangan. Journal of Social Empowerment, 8(1), 29–36. https://doi.org/10.21137/jse.2023.8.1.6