Main Article Content

Abstract

Kegiatan bimbingan belajar Bahasa Inggris ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosakata siswa kelas VI SD N 2 Padi Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan. Kegiatan bimbingan belajar ini menggunakan metode service learning yaitu salah satu metode pembelajaran yang memberikan penekanan pada aspek praktis dengan mengacu pada penerapan pengetahuan. Proses pembelajaran dalam kegiatan bimbingan belajar bahasa Inggris menerapkan metode memorization strategy dengan tahapan pemaparan materi tentang kosakata terkait hobi, diikuti oleh uji pemahaman awal siswa dengan pertanyaan tentang hobi dan kosakata terkait. Kemudian, siswa diberi pelatihan dalam strategi penghafalan dengan fokus pada pengulangan kata-kata, pengucapan yang benar. Selanjutnya pengasosiasian makna kata yang meliputi imagery, visualize, dan auditory. Kegiatan ini memberikan manfaat positif dalam memperkuat pemahaman kosakata, mempraktikkan cara pengucapan dan pelafalan yang benar, serta mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Keywords

Kosakata Bahasa Inggris Memorization Strategy

Article Details

Author Biography

Sugiyono Sugiyono, STKIP PGRI Pacitan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

How to Cite
Sugiyono, S. (2024). Pengajaran dengan Memorization Strategy untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Journal of Social Empowerment, 9(2), 127–132. https://doi.org/10.21137/jse.2024.9.2.7