Main Article Content

Abstract

Kreativitas menjadi salah satu kemampuan penting yang dibutuhkan pada era saat ini. Melalui kreativitas akan dihasilkan ide, gagasan, dan inovasi yang terbarukan, sehingga pengembangan kreativitas sangat diperlukan sejak usia dini. Realitanya, pada anak-anak usia sekolah dasar di lingkungan Dusun Bandung (meliputi Dusun Bandung Kidul, Bandung Wetan, dan Bandung Kulon), Desa Pagerejo, kreativitas yang dimiliki anak masih belum dioptimalkan dengan baik. Permasalahan lainnya yang ada yaitu belum terdapat upaya pemanfaatan sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat. Berangkat dari permasalahan tersebut, mengadakan kegiatan belajar bersama membuat hasta karya menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah membangun kreativitas anak untuk memanfaatkan benda-benda tidak terpakai disekitarnya menjadi bernilai guna bahkan bernilai estetika dan mengisi waktu luang anak dengan kegiatan yang bermanfaat. Kegiatan ini bertempat di Dusun Bandung Kulon, Desa Pagerejo, Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Peserta dari kegiatan ini sebanyak 10 orang anak usia sekolah dasar dari lingkungan Dusun Bandung. Waktu pelaksanaan kegiatan adalah pada tanggal 26-27 Februari 2023. Tahap kegiatan meliputi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Proses pelaksanaan meliputi penyampaian maksud dan tujuan  kegiatan, kemudian pembuatan hasta karya bersama. Metode yang digunakan adalah dengan praktik langsung. Kegiatan yang dilaksanakan mendapat respon yang positif dan sambutan yang antusias dari anak-anak. Hasil yang dicapai atau output dari kegiatan ini adalah anak-anak di lingkungan Dusun Bandung mampu membuat hasta karya yang menarik berupa tempat pensil karakter dengan memanfaatkan botol plastik bekas dan kertas cover.

Keywords

Anak Hasta Karya Kegiatan Kreativitas

Article Details

How to Cite
Afifah, J., & Burhanuddin, A. . (2024). Membangun Kreativitas Anak melalui Kegiatan Pembuatan Hasta Karya Bersama. Journal of Social Empowerment, 9(2), 133–139. https://doi.org/10.21137/jse.2024.9.2.8