Main Article Content
Abstract
Pelaku UMKM memiliki andil yang besar dalam perkembangan ekonomi suatu daerah. Selain itu UMKM berperan penting dalam pemberdayaan SDM pada suatu daerah. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu SDM pelaku UMKM Jember melalui pelatihan digital marketing. Kegiatan ini dilakukan dengan metode PAR (Participatory Action Research) dengan tahapan persiapan, pelatihan dan praktik serta evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan dapat diketahui bahwa 20 peserta dapat diketahui 95% memahami materi 1, 90% mampu memahami materi 2 dan 100% mampu memahami materi 3. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi peserta.
Keywords
SDM, UMKM, Digital Marketing
Article Details
How to Cite
Irawati, T. N., Rohman, S., & Nugraheni, D. A. (2024). Peningkatan Mutu SDM Pelaku UMKM Jember melalui Pelatihan Digital Marketing Manajemen Pembiayaan Berbasis Digital . Journal of Social Empowerment, 9(2), 97–106. https://doi.org/10.21137/jse.2024.9.2.4