Peningkatan Kompetensi Guru BK melalui pengembangan Model Layanan “Permainan Rangku Alu” di Kabupaten Belu

Authors

  • Putu Agus Indrawan
  • Andriani P. Nalle Universitas Nusa Cendana
  • Andriyani E. Lay Universitas Nusa Cendana
  • Imanuel Y. P. Bili Bora Universitas Nusa Cendana
  • Lolang Maria Masi Universitas Nusa Cendana
  • Khetye R. Saba Universitas Nusa Cendana
  • Katharina E.P Korohama Universitas Nusa Cendana
  • I Putu Agus Apriliana Universitas Nusa Cendana
  • Rizky Mayesita A. Abel Universitas Nusa Cendana
  • Paulinus A.S Uda Universitas Nusa Cendana
  • Febriana Febriana Universitas Nusa Cendana
  • Uda Geradusi
  • M.D. Pua Upa

DOI:

https://doi.org/10.21137/jse.2023.8.2.5

Keywords:

Workshop, Pengembangan Model Layanan BK, Kearifan Lokal, Rangku Alu

Abstract

Pelatihan workshop ini bertujuan untuk mengembangkan model layanan Bimbingan Konseling (BK) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, dengan memanfaatkan kearifan lokal melalui permainan tradisional "Rangku Alu". Pelatihan workshop ini dilaksanakan dengan metode ceramah, simulasi, dan praktek langsung. Peserta pelatihan adalah guru BK dari berbagai sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Belu. Kegiatan telah dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2023 dipusatkan di SMKN 1 Atambua. Evaluasi pelatihan menunjukkan bahwa pelatihan workshop ini sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mengembangkan model layanan BK berbasis kearifan lokal dengan menggunakan permainan Rangku Alu. Pelatihan workshop ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain untuk mengembangkan model layanan BK yang inovatif dan berbasis kearifan lokal

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Indrawan, P. A., P. Nalle , A. ., E. Lay , A., Y. P. Bili Bora, I., Maria Masi, L. ., R. Saba, K., E.P Korohama, K., Agus Apriliana, I. P. ., Mayesita A. Abel, R. ., A.S Uda, P., Febriana, F., Geradusi, U. ., & Pua Upa, M. . (2023). Peningkatan Kompetensi Guru BK melalui pengembangan Model Layanan “Permainan Rangku Alu” di Kabupaten Belu . Journal of Social Empowerment, 8(2), 102–109. https://doi.org/10.21137/jse.2023.8.2.5