Analisis Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Paud Permata Ibu Jatirejo

Penulis

  • Yuliar Abdi Pradana
  • Muga Linggar Famukhit
  • Nurhayati Nurhayati

Kata Kunci:

Dampak, Penggunaan Gadget, Anak Usia Dini

Abstrak

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana cara
penggunaan gadget (aplikasi, itensitas, dan durasi pemakaian gadget) pada anak
usia dini di Paud Permata Ibu. (2) Bagaimana dampak positif dan negatif yang
ditimbulkan anak setelah mengenal gadget pada anak usia dini di Paud Permata Ibu
Jatirejo. Penelitian ini merupakan penelitaian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah
jenis penelitian yang temuan-temuannya yang tidak diperoleh dari prosedur
statistik atau bentuk hitungan lainnya. Penelitian ini ditunjukkan pada 1 guru, 16
anak dan 16 orang tua anak tersebut. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari
observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1)
Penggunaan gadet pada anak usia dini di Paud Permata Ibu Jatirejo hanya untuk
bermain game dan menonton video di youtube sedangkan lainya sedikit yang
dipakai untuk media pembelajaran dan itensitas serta durasi pemakaian beragam
tergantung dari pengawasan dan kontrol orang tua. (2) Penggunaan gadget pada
anak usia dini di Paud Permata Ibu Jatirejo memiliki dampak positif dan negatif.
Dampak positifnya anak lebih bisa kreatif dan kecerdasan otak anak juga akan lebih
berfikir aktif dan kreatif. Dampak negatif kemampuan interaktif anak berkurang
lebih mendahulukan bermain game dari pada tugas yang lain.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-05