Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan APE kincir pintar dibandingkan dengan APE magic bag terhadap kemampuan mengenal huruf vokal anak. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 5 – 6 tahun di TK Aisyah Kota Tangerang dengan jumlah sampel berjumlah 20 siswa. Cara pengambilan sampel dengan Non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen soal tes yang berbentuk kuesioner yang terdiri dari 14 pertanyaan. Berdasarkan hasil uji hipotesis kemampuan mengenal huruf vokal anak usia dini pada taraf signifikan = 0,05 pada pada pretes diperoleh t_hitung=-0,829 dan t_tabel= 2,100, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk postes diperoleh  t_hitung= 2,775 dan t_tabel= 2,100 sehingga t_hitung> t_tabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian dari perhitungan rata-rata N-gain pada kelas eksperimen pretes sebesar 28,9 dan postes sebesar 52,3 dengan N-gain skor sebesar 86,3% kategori tinggi, dan pada kelas kontrol pretes sebesar 28,1 dan postes sebesar 50,3 dengan N-gain skor 79,6% kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan APE kincir pintar lebih efektif daripada penggunaan APE magic bag terhadap kemampuan mengenal huruf vokal di TK Aisyah Kota Tangerang.

Keywords

APE Kincir Pintar, Mengenal Huruf Vokal APE Kincir Pintar Mengenal Huruf Vokal

Article Details

How to Cite
Rachmi, T., Kumala Dewi, N. F., & Nafitha. (2024). Efektivitas Penggunaan APE Kincir Pintar terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Di TK Aisyah Kota Tangerang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 143–155. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.2.5

References

  1. Adharina, D. 2016. Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 5). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12372. Diakses pada tanggal 20 Spetember 2022
  2. Ahmad, A. S. A, & Amini. 2020. Kemampuan Kognitif Melalui Metode Bermain Puzzle Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 77-89. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/221/pdf. Diakses pada tanggal 25 September 2022
  3. Alfani, F, S. 2020. Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Anak Usia Dini. Jurnal of Islamic Early Childhood Education (Vol. 1). Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/abna/article/view/3262/1104 . Diakses pada 19 September 2022
  4. Anderson, R. H. 1983. Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka dan Pusat Antar Universitas
  5. Arifani, F. 2021. Efektivitas Permainan Bingo Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Alphabet Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Program Sarjana Pendidikan Guru PAUD. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang
  6. Aprilia, R. 2020. Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di SMP Negeri 2 Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Program Sarjana Pendidikan Ilmu Tarbiyah. Bandar Lampung: Universitas Islam Negeri Intan Lampung
  7. Bermain dan Tipe Permainan Anak. 2019. https://www.kompasiana.com/yasniar9689/5c96b93595760e6a4c088b8e/bermain-dan-tipe-permaianan-anak. Diakses pada tanggal 13 November 2022
  8. Conny R. Semiawan. (2002). Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: Prenhallindo
  9. Essay Media Pembelajaran “Kincir Pintar”. 2020. https://www.lamaccaweb.com/2020/01/26/essay-media-pembelajaran-kincir-pintar/. Diakses pada tanggal 14 November 2022
  10. Hasanah, F. 2020. Upaya Meningkatkan Pemahaman Terhadap Huruf Vokal Melalui Penggunaan Katru Huruf Vokal Pada Anak Usia Dini Kelompok A Raudhatuf Athfal An Najah Sumberbulus Ledokombo JEMBER Tahun Pelajaran 2019/2020. Program Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini. JEMBER: Institut Agama Islam Negeri JEMBER
  11. Harun, Anizar, Ahmad, & Rahmi. 2019. Mengembangan Kemampuan Aksara Melalui Media Huruf Ampelas Di TK IT Mon Kuta Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 4(3), 71-79. Retrieved from https://jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/15255. Diakses pada tanggal 25 September 2022
  12. Huduni, Lalu, & Khairun, N. 2022. Analisis Kesulitan Siswa dalam Membaca Permulaan di Kelas SD Negeri 3 Darek. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (Vol.7). Retrieved from https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/488. Diakses pada tanggal 12 April 2023
  13. Kurniawan, Marwany. & Titi. 2020. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  14. Lestiana, S, dan Retno, U. 2020. Efektivitas Quantum Learning Melalui Teknik Observe And Remember Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Jakarta. Jurnal Bahasa Jepang Taiyou (Vol.2). Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/taiyou/article/view/6092. Diakses pada tanggal 16 Mei 2023
  15. Martyarika V, D. 2018. Pengembangan Media Alphabeth Magic Pada Materi Menyusun Huruf Menjadi Kata yang Bermakna Kelas I SD Negeri Krenceng 3 Kecamatan Kepung (Vol. 02). Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/detail/14.1.01.10.0185. Diakses pada tanggal 12 April 2023
  16. Mooduto, S. 2015. Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B PAUD Al Kautsar Desa Mohungo Kabupaten Boalemo. Retrieved from https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/153411115/mengembangkan-kemampuan-mengenal-huruf-vokal-melalui-metode-bernyanyi-pada-anak-kelompok-b-paud-al-kautsar-desa-mohungo-kabupaten-boalemo.html. Diakses pada tanggal 20 September 2022
  17. Mayke S. Tedjasaputra. 2000. Bermain, Mainan, dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo
  18. Nurhidayah, U, & Lilis, S. 2015. Abacaka Kubaca: Cara Baru Belajar Membaca Cepat, Efektif, & Ceria. Jakarta: Suka Buku
  19. Nurjaman, A. 2019. Joyful Learning Mencuatkan Kreativitas Siswa. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=BWr7DwAAQBAJ&pg=PA34&dq=joyful+learning&hl=en&newbks=1&newbks_redir=1&sa=X&ved=2ahUKEwiK7sTqkbT8AhXIILcAHXA2Ak4Q6AF6BAgFEAI
  20. Peraturan Menteri Pendidikan No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Smart_Teaching_Solusi_Menjadi_Guru_Profe/tO3sDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=menurut+UU+RI+no.20+PAUD+adalah+suatu+upaya&pg=PA274&printsec=frontcover
  21. Peraturan Menteri Pendidikan No.137 tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Jakarta: Depdiknas
  22. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1993. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yng Disempurnakan. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Pedoman_umum_ejaan_bahasa_Indonesia_yang/hhULHsbia-0C?hl=en&gbpv=0
  23. Riduwan. 2018. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta
  24. Rahma, M, & Febriana, D. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama (Vol.13). Retrieved from https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/qalamuna/article/view/979 Diakses pada tanggal 12 April 2023.
  25. Safitri, U, Asiyah, & Ervin, N, A. 2022. Pengaruh Media Kintar Terhadap Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tunas Remaja Surabaya (Vol. 4). Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/incrementapedia/article/view/6635. Diakses pada tanggal 13 April 2023
  26. Semiawan, Yufiarti, 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Prenhallindo.
  27. Sudono, Niken. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan: (Untuk Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: Grasindo.
  28. Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
  29. Sulyandari, AK. 2021. Perkembangan Kognitif dan Bahasa Anak Usia Dini. Bogor: Guepedia
  30. Sundayana. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
  31. Suryani, L. 2018. Kincir Pintar: Inovasi Barang Bekas Untuk Si Kecil. Surabaya: Pustaka Media Guru.
  32. Trisnawati. 2014. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Meotde Permainan Kartu Huruf Pada Kelompok B1 TK ABA Ketanggungan Wirobrajan Yogyakarta. Program Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
  33. Wartini, E. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Permainan Bola Huruf Anak Kelompok B Di Kelompok Bermain Sinar Kenanga. Retrieved from http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/30789. Diakses pada 10 Juni 2023
  34. Zakiyah, A, Yatim, R, & M. Jacky. 2021. Pengembangan Media Game Edukasi Kincir Pintar ASEAN Melalui Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar”. Jurnal Education and Development (Vol. 9). Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2805 . Diakses pada 19 September 2022