Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) prosedur pengembangan buku SKU Pramuka Siaga Berbasis Budaya Lokal; (2) tingkat kelayakan pengembangan buku SKU Pramuka Siaga Berbasis Budaya Lokal; (3) tingkat pemahaman peserta didik setelah menggunakan media pengembangan buku SKU Pramuka Siaga Berbasis Budaya Lokal. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket respon, tes dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis validitas produk dan analisis pemahaman peserta didik setelah menggunakan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penilaian ahli media dengan rata-rata skor 4,71 kategori “Sangat Valid”, penilaian ahli materi dengan rata-rata skor 4,80 kategori “Sangat Valid”, penilaian ahli materi agama dengan rata-rata skor 4,77 kategori “Sangat Valid”, penilaian subjek coba kelompok kecil dengan rata-rata skor 4,29 kategori “Sangat Valid” dan hasil penilaian subjek coba kelompok besar dengan rata-rata skor 4,57 kategori “Sangat Valid”; (2) pemahaman peserta didik meningkat berdasarkan pencapaian ketuntasan belajar peserta didik mencapai nilai ≥ 70 yaitu sebesar 100%.

Article Details

Author Biography

Vit Ardhyantama, STKIP PGRI Pacitan

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

How to Cite
Ardhyantama, V., Novitasari, L. ., & Suryatin, S. (2023). Pengembangan Buku SKU Pramuka Siaga Berbasis Budaya Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik SD/MI. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(1), 30–38. https://doi.org/10.21137/jpp.2023.15.1.4

References

  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Keputusan Musyawarah Nasional X Gerakan Pramuka Tahun 2018 Nomor: 07/Munas/2018.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
  3. Damanik, S. A. 2014. “Pramuka ekstrakurikuler wajib di sekolah”. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(02), 16-21.
  4. Erliani, S. 2017. “Peran Gerakan Pramuka untuk Membentuk Karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian” (Studi Kasus di SDIT Ukhwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin). Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 35-52.
  5. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
  6. Hanif, M. Z., Afriwan, H., & Kamal, M. N. 2018. “Re-Desain Buku Panduan Pramuka untuk Anak Sekolah Dasar”. DEKAVE: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 8(1).
  7. Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Kholidah, N. R. J. 2020. “Eksistensi Budaya Lokal Sebagai Penguat Nasionalisme”. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 2, pp. 168-174).
  9. Latip, Asep Ediana. 2018. Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  10. Lubis, S., Nasution, E. S., & Nasution, H. K. 2020. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler dan Intrakurikuler Terhadap Karakter Islam Siswa SMP Islam Terpadu Bunayya Bina Ul-Ummah Padangsidimpun”. In Forum Paedagogik (Vol. 11, No. 2, pp. 64-80).
  11. Mulya Yuli, A. 2017. “Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah”. Jurnal Pendidikan Islam, Volume II (Nomor 01), 1–15 Januari – Juni 2017.
  12. Nurliyah, N., Bisri, H., & Hartati, Y. 2017. “Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Program Intrakurikuler Dan Ekstrakurikuler”. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1).
  13. Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E.S., & Budiantara, M. 2017. Dasar-Dasar Statistika Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
  14. Perdana, Yosef N.A. 2020. “Pengembangan Modul Pramuka Siaga Berbasis Paradigma Pedagogi Reflektif untuk Pembina dan Siswa”. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta.
  15. Petunjuk Penyelenggaran Gugusdepan Gerakan Pramuka Nomor 231 Tahun 2007.
  16. Pratiwi, S. I., Kristen, U., Wacana, S., Salatiga, K., & Tengah, J. 2020. “Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SD”. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70.
  17. Rahmat, Hendi. 2019. “Pengembangan Modul Pramuka Siaga Usia 7 sampai 10 Tahun dalam Membentuk Karakter Siswa SD/MI”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.
  18. Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
  19. Rosna, A. 2017. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajar IPA di kelas IV SD Terpencil Bainaa Barat”. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(7), 118217.
  20. Santoso, Lukman.2014. Panduan Terlengkap Pramuka. Jogjakarta: Buku Biru.
  21. Setiadi, Elly M (et all). 2009. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
  22. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  23. Sundayana, Rostina. 2013. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: ALFABETA.
  24. Sutarti, Tatik & Edi Irawan. 2017. Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian dan Pengembangan. Sleman: Penerbit Deepublish.
  25. Tim Editor KMD. 2014. Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.