Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan di STKIP PGRI Pacitan. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika tingkat I semester ke 1 (pertama). Tujuannya, untuk memperbaiki proses belajar mengajar (perkuliahan) dan meningkatkan semangat kerja sama dalam pemecahan masalah distribusi frekuensi. Hasil penelitian; 1) terjadi peningkatan keaktifan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada bahasan Distribusi frekuensi Mata Kuliah Statistik dengan menggunakan pembelajaran model gotong-royong teknis two stay two tray; 2) dalam proses belajar mengajar bahasan Industri dengan menggunakan pembelajaran model gotong-royong; 3) prestasi belajar terjadi peningkatan dengan adanya siklus 1 yang lebih dari 70 ada 23 mahasiswa pada siklus ke 2 menjadi 34 mahasiswa atau dari 51,10 % menjadi 75,60 % atau naik 24,50 %