Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui ada pengaruh
yang signifikan aktivitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP
Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan (2) Untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan
pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Kebonagung Kabupaten Pacitan (3) Untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar
dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn
siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan. Populasi penelitian ini adalah seluruh
Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2010/2011, yang terdiri dari 7
kelas dengan jumlah siswa 233 siswa. Dari populasi yang ada peneliti mengambil keseluruhan siswa
Kelas VIII F sebagai sampel penelitian yang berjumlah 34 siswa.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar
terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten
Pacitan (2) ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar mata
pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan (3) ada pengaruh yang
signifikan aktivitas belajar dan pemanfaatan perpustakaan secara bersama-sama terhadap prestasi
belajar mata pelajaran PKn siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kebonagung Kabupaten Pacitan.