Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I di Kabupaten Pacitan semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, dengan taraf signifikan 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu: uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett dan hasilnya adalah normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar siswa dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) lebih baik daripada strategi Think-Pair- Share (TPS); 2) hasil belajar matematika siswa dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas sedang, hasil belajar dengan aktivitas sedang lebih baik daripada aktivitas rendah, dan hasil belajar dengan aktivitas tinggi lebih baik daripada aktivitas rendah; 3) Aktivitas belajar siswa tinggi, hasil belajar dengan strategi TTW, lebih baik daripada strategi TPS; 4) Aktivitas belajar siswa sedang, hasil belajar dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS; 5) Aktivitas belajar siswa rendah, hasil belajar matematika siswa dengan strategi TTW lebih baik, daripada strategi TPS.

Article Details

How to Cite
Maryono, M. (2022). Eksperimentasi Strategi Pembelajaran TTW dan TPS di SMPN Pacitan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/57