Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan. Subjek tindakan adalah siswa di kelas tersebut. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dua kali tatap muka melalui tahapan refleksi awal, perencanaan, pelaksanaan/pemantauan, dan refleksi/evaluasi. Data penelitian berupa deskripsi hasil observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi proses dan hasil belajar siswa. Masalah yang dirumuskan bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis kreatif melalui model pembelajaran menulis “Puisi-Formula”. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil belajar siswa dalam menulis kreatif puisi melalui model pembelajara menulis “Puisi-Formula”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran menulis puisi-formula kemampuan siswa menulis kreatif puisi meningkat. Model yang digunakan dapat memberikan kemudahan, keterbukaan, dan kebermaknaan siswa dalam belajar menulis kreatif puisi. Model pembelajaran ini dapat diterapkan bagi kelas atau sekolah lain yang setting siswanya sama oleh guru Bahasa Indonesia dan peneliti lain yang ingin melakukan penelitian serupa atau lanjutan.


 

Article Details

How to Cite
Suntari, S. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Melalui Model Pembelajaran Menulis “Puisi-Formula”. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/54