Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research)
artinya data penelitian berasal dari sumber-sumber kepustakaan berupa buku-
buku, makalah, jurnal, majalah dan sumber lain yang koheren dengan obyek
bahasan. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yakni berusaha
menggambarkan secara jelas dan sistematis obyek kajian, lalu menganalisis
bahasan penelitian. Data yang terkumpul atau tersusun dianalisis, kemudian
ditarik sebuah kesimpulan. Setidaknya, ada empat temuan penelitian, yaitu: 1)
pendidikan di Taman Siswa menerapkan prinsip kemerdekaan dan kebebasan; 2)
pendidikan anak yang diterapkan adalah gabungan dan pengembangan dari teori
Frobel dan Montessori; 3) Ki Hadjar Dewantara memberi kebebasan kepada anak
dengan berbagai permainan untuk mengembangkan secara psikologi, pedagogi
dan biologi dengan tidak melupakan alam kodratnya masing-masing; 4)
penerapan pendidikan yang terintegrasi antara ketiga alam, yaitu alam keluarga,
alam pendidikan, dan alam pemuda akan mewujudkan manusia Indonesia yang
utuh.