Main Article Content

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan kajian kepustakaan (library research)


artinya data penelitian berasal dari sumber-sumber kepustakaan berupa buku-
buku, makalah, jurnal, majalah dan sumber lain yang koheren dengan obyek


bahasan. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik, yakni berusaha
menggambarkan secara jelas dan sistematis obyek kajian, lalu menganalisis
bahasan penelitian. Data yang terkumpul atau tersusun dianalisis, kemudian
ditarik sebuah kesimpulan. Setidaknya, ada empat temuan penelitian, yaitu: 1)
pendidikan di Taman Siswa menerapkan prinsip kemerdekaan dan kebebasan; 2)
pendidikan anak yang diterapkan adalah gabungan dan pengembangan dari teori
Frobel dan Montessori; 3) Ki Hadjar Dewantara memberi kebebasan kepada anak
dengan berbagai permainan untuk mengembangkan secara psikologi, pedagogi
dan biologi dengan tidak melupakan alam kodratnya masing-masing; 4)
penerapan pendidikan yang terintegrasi antara ketiga alam, yaitu alam keluarga,
alam pendidikan, dan alam pemuda akan mewujudkan manusia Indonesia yang
utuh.

Article Details

How to Cite
Mukodi, M., & Suparmi, S. (2022). Pendidikan Kanak-Kanak dan Pendidikan Keluarga; Studi Kritis Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2). Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/53