Main Article Content
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan
metode survey. Subyek penelitian adalah para mahasiswa Pendidikan Teknik
Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik penentuan sampel
menggunakan nomogram Harry A. King sehingga diperoleh sampel berjumlah 75
mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan Tingkat Efektivitas Pemanfaatan Bimbingan Akademik
sebagai langkah perbaikan karakter mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif
Universitas Muhammadiyah Purworejo. Berdasarkan analisis data, mahasiswa
yang memanfaatkan bimbingan pribadi kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa
(5,8%), kategori sedang berjumlah 38 mahasiswa (44,7%) dan kategori rendah
berjumlah 42 mahasiswa (49%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan
belajar kategori tinggi berjumlah 7 mahasiswa (8,3%), kategori sedang
berjumlah 32 mahasiswa (36,5%) dan kategori rendah berjumlah 47 mahasiswa
(55,3%). Mahasiswa yang memanfaatkan bimbingan sosial kategori tinggi
berjumlah 10 mahasiswa (11,6%), kategori sedang berjumlah 29 mahasiswa
(34,3%) dan kategori rendah berjumlah 46 mahasiswa (54,1%). Mahasiswa yang
memanfaatkan bimbingan karir kategori tinggi berjumlah 5 mahasiswa (5,8%),
kategori sedang berjumlah 36 mahasiswa (30,6%) dan kategori rendah berjumlah
44 mahasiswa (51,6%). Secara total pemanfaatan bimbingan akademik
mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
yang memanfaatkan bimbingan dengan kategori tinggi berjumlah 10 mahasiswa
(11,7%), kategori sedang berjumlah 30 (35,4%) dan kategori rendah 45
mahasiswa (52,9%).