Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, termasuk dalam kategori
penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data didasarkan pada
data primer dan data skunder yang dilakukan dengan cara membaca, menelaah,
meneliti dan mengumpulkan buku-buku yang berisi teori, pendapat atau
pandangan para pakar yang terkait. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan teknik deskriptif-analitik, metode penalaran dan metode
komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kekerasan (dehumanisasi) dalam
pendidikan muncul akibat adanya pelanggaran yang disertai dengan hukuman,
terutama fisik; 2) kekerasan dalam pendidikan bisa diakibatkan oleh buruknya
sistem dan kebijakan pendidikan yang berlaku; 3) kekerasan dalam pendidikan
dipengaruhi oleh lingkungan masyarakat dan tayangan media; 4) kekerasan
dibidang pendidikan juga merupakan refleksi dari perkembangan kehidupan
masyarakat yang mengalami pergeseran cepat, sehingga meniscayakan timbulnya
sikap instant solution, maupun jalan pintas; 5) tingginya jurang perbedaan latar
belakang sosial-ekonomi, juga menjadi penentu dalam praktik kekerasan
dibidang pendidikan.

Article Details

How to Cite
Fahruddin, M. M. ., & Mukodi, M. (2022). Orientasi Humanisme Pendidikan Islam dan Masa Depan Kemanusiaan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(1). Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/39