Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan pada 25
orang siswa kelas VII MTS Muhammadiyah Nawangan tahun akademik 2008/2009. Observasi
dilakukan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran.
Sedangkan prestasi siswa diukur dengan menggunakan tes. Hasil analisis data disajikan dalam
bentuk perhitungan persentase dan rata-rata nilai. Hasilnya menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas
belajar siswa pada Siklus I 32 %, Siklus II 60%, Siklus III 100%; 2) Aktivitas mengajar guru juga
menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklus, 3) Prestasi belajar siswa juga mengalami
peningkatan, dari Siklus I 5,96, Siklus II 6,68, dan Siklus III 7,76. Hasil ini menunjukkan bahwa
penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi
belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Maryono, M., & Irawan, E. (2022). Keefektifan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(1), 23–28. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/38