Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan terhadap 200 guru SMA Negeri di Kota Surakarta.
Data dijaring melalui angket skala berstruktur. Data yang terkumpul dianalisis
melalui analisis SEM dengan menggunakan perangkat AMOS 5.Hasil penelitian
diketahui bahwa 1) terdapat pengaruh positif orientasi nilai budaya terhadap
motivasi kerja yaitu sebesar 20,3%; 2) terdapat pengaruh positif kompensasi
terhadap motivasi kerja yaitu sebesar 43,9%; 3) terdapat pengaruh positif
pelatihan terhadap motivasi kerja yaitu sebesar 28,1%; 4) terdapat pengaruh
positif orientasi nilai budaya terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar 19,3%; 5)
terdapat pengaruh positif kompensasi terhadap kepuasan kerja yaitu 29,4%; 6)
terdapat pengaruh positif pelatihan terhadap kepuasan kerja yaitu sebesar
21,5%; 7) terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kepuasan kerja
yaitu sebesar 25,4%; 8) terdapat pengaruh positif orientasi nilai budaya
terhadap kinerja yaitu sebesar 24,4%; 9) terdapat pengaruh positif kompensasi
terhadap kinerja yaitu sebesar 27,1%; 10) terdapat pengaruh positif pelatihan
terhadap kinerja yaitu sebesar 20,9%; 11) terdapat pengaruh positif motivasi
kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 26,3% dan 12) terdapat pengaruh positif
kepuasan kerja terhadap kinerja yaitu sebesar 20,3%.

Article Details

How to Cite
Sutarti Suryo, T. . (2022). Pengaruh Orientasi Nilai Budaya, Kompensasi, Pelatihan, Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Se Kota Surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(1), 55–67. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/33