Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan dan keterampilan peserta dalam diseminasi Virtual Reality (VR) sebagai pembelajaran inovatif. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 184 orang dari berbagai latar belakang pendidikan dan pekerjaan. Analisis data yang berasal dari hasil observasi, pengamatan, dan angket. Hasil analisis pengetahuan peserta di awal sebanyak 60% (110 orang) sudah mengetahui VR, tidak mengetahui 37% (68 orang), dan tidak menjawab 3% (6 orang). Sedangkan hasil observasi dan pengamatan ketika pelaksanaan diseminasi hanya 23% (44 orang) peserta yang aktif dan sisanya tidak aktif sebesar 77% (140 orang). Peserta yang memiliki pengetahuan dan terampil berhasil mengembangkan VR sebesar 3,3% (6 orang), dan sebesar 20,7% (38 orang) sampai tahap menyelesaikan materi di pelantar “Guru Binar” sedangkan sisanya tidak mengikuti diseminasi. Hal ini disebabkan beberapa kendala yang terjadi dalam proses diseminasi VR seperti waktu diseminasi singkat (1 bulan) sebesar 26%, pembelajaran hybrid learning sebesar 24%, kendala kuota dan jaringan terbatas sebesar 23%, selanjutnya perangkat belum memadai sebesar 21%, dan lain-lain sebesar 6%.

Keywords

Evaluasi Virtual Reality Pembelajaran Inovatif evaluasi virtual reality pembelajaran inovatif

Article Details

How to Cite
Astari, T. . (2021). Evaluasi Diseminasi Virtual Reality (VR) sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 113–120. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.2.7

References

  1. Abdillah, F. C. R. M. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. EDUTCEHNOLOGIA, 2(1).
  2. Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan Media 3 Dimensi Berbasis Virtual Reality untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37.
  3. Dharma, K. Y. ; N. sugihartini; I. K. R. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality Dengan Model Pembelajaran Klasikal Terhadap Hasil Belajar Siswa Di TK Negeri Pembina Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2).
  4. Martin, M. (2021). Setahun Pembelajaran Daring, Benarkah Terjadi “Learning Loss”? Halaman all - Kompas.com. https://edukasi.kompas.com/read/2021/03/27/150334571/setahun-pembelajaran-daring-benarkah-terjadi-learning-loss?page=all
  5. Maulyda, M. A. M. E. V. R. H. (2021). Analisis Situasi Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19 Di SDN Senurus: Kemungkinan Terjadinya Learning Loss. Journal of Elementary Education, 4(3), 328–336.
  6. Muhali. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25–50.
  7. Ningsih, D. N. A. F. (2020). Pemanfaatan Virtual Reality pada Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan. PROSIDING SAMASTA: Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 50–55.
  8. Nurdyansyah, N. dan A. W. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
  9. Pius D.W.A. (2017). Kajian Interaksi Pengguna untuk Navigasi Aplikasi Prambanan VR berbasis Virtual Reality. Junarl Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(2), 239–246.
  10. Pratiwi, W. D. P. (2021). Dinamika Learning Loss: Guru Dan Orang Tua. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(1), 147–153.
  11. Purwadhi. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 4(1), 21–34.
  12. Saurik, H. T. T. ;Devi D. P. J. I. H. (2019). Teknologi Virtual Reality Untuk Media Informasi Kampus. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 6(1), 71–76.
  13. Sevima. (2020). Pemanfaatan Teknologi VR dan AR Jadi Solusi Praktikum Prodi Kesehatan. https://sevima.com/pemanfaatan-teknologi-vr-dan-ar-jadi-solusi-praktikum-prodi-kesehatan/
  14. Sulistyowati dan Andy Rachman. (2017). Pemanfaatan Teknologi 3D Virtual Reality Pada Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah NERO, 3(1), 37–44.
  15. Widyanuratikah, I. (2021). Kemendikbud: Tanda Learning Lost Sudah Mulai Tampak | Republika Online. https://www.republika.co.id/berita/qna3kh428/kemendikbud-tanda-emlearning-lostem-sudah-mulai-tampak