Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar berseri pada proses pembelajaran .Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Mentoro yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa : Keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar berseri siswa kelas IV SDN 2 Mentoro dengan kategori tinggi sebesar 71%, kategori sedang 18%, dan kategori rendah 11%. Kendala yang dihadapi siswa dalam menulis deskripsi yaitu siswa merasa kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam bentuk kata atau kalimat, serta siswa merasa kesulitan dalam menulis ejaan dan tanda baca yang yang benar dalam sebuah tulisan. 

Keywords

Media Keterampilan Menulis Gambar Berseri media keterampilan menulis gambar berseri

Article Details

How to Cite
Nastiti, R. A. ., Setyowati, E., & Ardhyantama, V. (2021). Keterampilan Menulis Deskripsi menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas IV SDN Mentoro. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 74–80. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.2.2

References

  1. Akhadiah, S. (1999) Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga
  2. Anitah W., Sri Dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.http://rumahmakalah.wordpress.com/2008/11/07/macam-macam-media-pembelajaran-karakteristik-serta-kelebihan-dan-kekurangannya/http://mediapendidikanok.blogspot.com/2009/08/macam-dan-jenis-jenis-media.html.
  3. Arsyad, Azhar. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
  4. Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers
  5. Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
  6. Fuja Siti Fujiawati.(2016). Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, Vol.1, No.1, April 2016 : 16-28 . FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  7. Haryadi. 2010. Model Pembelajaran. Semarang: Unnes
  8. Jumiati, 2012. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas IV. Sragen : Perpustakaan uns.ac.id
  9. Malladewi, M.A & Sukartiningsih Wahyu. (2013). Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui jurnal pribadi siswa kelas IV di SD Negeri Balasklumprik i/434 surabaya. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 01 (2), hlm. 1-11
  10. Naki, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas VII Smp N 18 Lau Kabupaten Maros. Jurnal Ilmu Budaya, VI(2), 268-276.
  11. Nurjamal. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung : Alfabeta
  12. Sapani, Suardi, dkk. 1997. Teori Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud.
  13. Siti Anisatun Nafi’ah. 2018. Artikel Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
  14. Siti Kurnia Rahayu, (2010), Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
  15. Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
  16. Rahayu, Pangesti & Wahyu Sukartiningsih. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Dengan Menggunakan Media Kartu Kuartet Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 01 No. 01 tahun 2012. Surabaya: PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
  17. Rivai. (1992).Manfaat Media Pengajaran.Bandung : PT. Tarsito.
  18. Setyaningsih, Dwi Nur. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Objek Langsung Siswa Kelas IV SD Negeri Ngerangan Kecamatan Bayan Kabupaten Klaten. Skripsi. Skripsi tidak atau belum di terbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
  19. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan. Bandung: Alfabeta.
  20. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Rosdakarya.
  21. Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
  22. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  23. Tarigan, Hendri Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.(Edisi Revisi) Bandung: Angkasa.
  24. Yuliarti, Retriana. 2014. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Gambar Tunggal Pada Siswa Kelas IIB SD Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul. Skripsi. Skripsi tidak atau belum diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.