Main Article Content

Abstract

Pembelajaran STEM merupakan hal yang baru bagi guru di Sekolah Dasar. STEM merupakan hasil pengintegrasian dari Science, Technology, Engineering, dan Mathematic. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui kesiapan yang akan dihadapi oleh guru Sekolah Dasar jika mengimplementasikan STEM di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review atau tinjauan pustaka meliputi google scholar dan scopus. Kriteria artikel yang dipilih ialah tebit tahun 2016-2021. Didapatkan 15 artikel yang susai dengan kriteria yang diinginkan dan tidak meluas dari topik. Analisis dari 15 artikel menunjukkan bahwa pembelajaran STEM bisa dilakukan di Sekolah Dasar sesuai dengan kurikulum 2103. Di Indonesia STEM sudah menjadi trend di pembelajaran saat ini, namun minimnya pengetehuan dari guru untuk menggunakan dan kurang tahunya manfaat yang didapatkan. STEM merupakan jawaban atas tantangan abad 21 yang diharapkan menguasai kemampuan 4C yaitu critical, creativity, comunication, dan, collaboration. Kurangnya pengetahuan dan banyaknya manfaat  yang ada pada pembelajaran STEM di Indonesia khususnya guru Sekolah Dasar, maka diperlukan pelatihan dan bimbingan kepada guru Sekolah Dasar agar bisa mengaplikasikan pembelajaran di Sekolah Dasar. 

Keywords

STEM Sekolah Dasar Kemampuan 4C STEM Sekolah Dasar Kemampuan 4C

Article Details

How to Cite
Wardani, R. P., & Ardhyantama, V. (2021). Kajian Literature: STEM dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 18–28. https://doi.org/10.21137/jpp.2021.13.1.3

References

  1. Adiwiguna, N. Dantes, I.M.Gunamantha. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Berorientasi Stem Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Siswa Kelas V Sd Di Gugus I Gusti Ketut Pudja. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.Volume 3 Nomor 2, Hlm 94-103.
  2. Artobatama, Irman. 2018. Pembelajaran Stem Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal Of Primary Education. Vol. 2, No. 2 (2018) 40-4. Available From: https://Doi.Org/10.17509/Ijpe.V2i2.15099
  3. Arobatama, Irma, Ghullam Hamdu, Rosarina Giyartini. 2020. Analisis Desain Pembelajaran STEM Berdasarkan Kemampuan 4C Di SD. Indonesian Journal Of Primary Education. Vol .4, No. 1 (2020 ) 76-86.
  4. Bakırcı, Hasan, Dilek Karışan. 2018. Exploration of Preservice Teachers’ STEM Teaching Intentions with respect to the Department and Grade Journal Of Education And Training Studies Vol. 6, No. 1; January 2018. Aavailable from: https://Doi.Org/10.11114/Jets.V6i1.2807
  5. Dong, Yan, Et All. 2020. Understanding intrinsic challenges to STEM instructional practices for Chinese teachers based on their beliefs and knowledge base. International Journal Of STEM Education. Available From : Https://Doi.Org/10.1186/S40594-020-00245-0.
  6. Dywan, Almahida Aureola, Gamaliel Septian Airlanda. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Dan Tidak Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa . Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 2 April 2020 Hal. 344- 354.
  7. Erviana, V. Y., & Asmara, A. P. (2019). STEM Integrated Encyclopaedia as The Enrichment for Elementary School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 5(1), 31-44.
  8. Falentina, Cika Tiar, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, Edi Hendri Mulyana. 2018. Mobil Bertenaga Angin : Media Berbasis Stem Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 5, No. 3. Hal 152-162.
  9. Firman, H. (2015). Pendidikan Sains Berbasis STEM: Konsep, Pengembangan, Dan Peranan Riset Pascasarjana (pp. 1–9). Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan IPA dan PLKH Universitas Pakuan, Agustus.
  10. Haryati, Teti, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, Karlimah. 2020. Pengembangan Desain Pembelajaran STEM Dalam Kurikulum 2013 Di SD: Suatu Analysis Dan Eksplorasi.Volume 3, Nomor 2, 71–78.
  11. Hamdu, G., Karlimah, & Nursyarifah, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sebagai Implementasi Kurikurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 375–380.
  12. Kurup, Premnadh, Et All. 2019. Building Future Primary Teachers' Capacity In STEM: Based On A Platform of Beliefs, Understandings And Intentions. International Journal Of STEM Education. Available from : Https://Doi.Org/10.1186/S40594-019-0164-5
  13. Lidinillah, D. A. M., et al. (2019). Integration of STEM learning into the elementary curriculum in Indonesia: An analysis and exploration. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1318/1/012053
  14. Luo, Tian, Winnie Wing Mui So , Zhi Hong Wan And Wai Chin Li. 2021. STEM Stereotypes Predict Students’ STEM Career Interest Via Self-Efficacy And Outcome Expectations. International Journal Of STEM Education. Available Form : Https://Doi.Org/10.1186/S40594-021-00295-Y
  15. Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97-105.
  16. Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghallia Indonesia.
  17. Nuraeni, Fitri, Yopi Malagola, Suko Pratomo, Hafiziani Eka Putri. 2020. Trends Of Science Technology Engineering Mathematics (STEM) Based Learning Elementary School In Indonesia. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. Volume 11 (2) 87 –103.
  18. Nurlenasari, N., Lidinillah, D., Nugraha, A., & Hamdu, G. (2019). Assessing 21 st century skills of fourth-grade student in STEM learning. IOP Conf. Series: Jurnal Of Physics, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012058
  19. Nguyen, Et Al. 2021 . Instructor Strategies To Aid Implementation Of Active Learning: A Systematic Literature Review. International Journal Of STEM Education. Available From : Https://Doi.Org/10.1186/S40594-021-00270-7
  20. Permanasari, A. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains.
  21. Priyani, Niken Eka, Nawawi. 2020. Pembelajaran Ipa Berbasis Ethno-Stem Berbantu Mikroskop Digital Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Perbatasan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Volume 1, Nomor 2, Hlm. 99-104
  22. Roehrig Et Al. 2021. Understanding Coherence And Integration In Integrated STEM Curriculum. International Journal Of STEM Education. Available From : Https://Doi.Org/10.1186/S40594-020-00259-8
  23. Sanders, M. (2009). STEM, STEM Education, STEMmania. The Technology Teacher, 20–27. Retrieved from https://vtechworks.lib.vt.edu/bitstream/han dle/10919/51616/STEMmania.pdf
  24. Syukri, M., & Dkk. (2013). Pendidikan STEM dalam Entrepreneurial Science Thinking “ESciT”: Satu Perkongsian Pengalaman dari UKM untuk Aceh. Aceh Development International Conference, 105–112.
  25. Prasadi, Anggi Harry, Wiyanto, Erni Suharini.2020. The Implementation Of Student Worksheet Based On STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) And Local Wisdom To Improve Of Critical Thingking Ability Of Fourth Grade Students. Journal of Primary Education Vol.9 No. 3. Available From Https://Doi.Org/10.15294/Jpe.V9i3.37712
  26. Pasaribu, KA, Suyanto. 2020. The Effect Of STEM Based (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Learning Model Toward To The Students’ Mathematical Problem Solving Ability In SD Muhammadiyah Condongcatur, Yogyakarta. Journal Of Physics: Conference Series. Available From: https://Doi:10.1088/1742-6596/1511/1/012103
  27. Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bumi Aksara.
  28. Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika (1st ed.). Disampaikan pada Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika