Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran think paire share berbantuan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Secara ringkas, penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba yang berjumlah 22 siwa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 7 siswi perempuan. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD No. 6 Darmasaba. Data analisis motivasi belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I sebesar 68,33% dan meningkat 15% pada siklus II menjadi 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran think paire share berbantuan video pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD No. 6 Darmasaba.
Keywords
Article Details
References
- Abdurrahman, A. K. K. (2019). the Implementation of Cooperative Learning Method for Think-Pair-Share ( Tps ) Model To Enhance the Student’s Outcomes. Pedagogik, 06(01), 99–122. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/575
- Afoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo, A. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2054–2058.
- Kamal, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 10 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Materi Barisan dan Deret. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.22
- Latifah, L., & Aviya, N. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Arab di MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 83. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2641
- Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1). http://103.39.12.42/index.php/widyaaccarya/article/view/898
- Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
- Santika, I. G. N. (2020a). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26–36. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
- Santika, I. G. N. (2020b). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.
- Santika, I. G. N. (2020c). Optimalisasi Peran Keluarga dalam Menghadapi Persoalan Covid- 19 : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
- Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
- Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.
- Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.
- Sulistiyowatie, A. (2016). Penerapan Metode Problem Solving dan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(3), 322–328.
- Suryani, E. E., Ishafit, & Program. (2018). Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share ( TPS ) berbantuan Aplikasi APP Inventor pada materi kalor SMA Kelas X untuk meningkatkan hasil belajar. Seminar Nasional Quantum, 25, 425–430.
- Widodo, J. (2012). Implementasi Metode Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Power Point Pada Pembelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Proposal Usaha Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Dukuh Turi Kabupaten Tegal. Economic Education Analysis Journal, 1(2).
References
Abdurrahman, A. K. K. (2019). the Implementation of Cooperative Learning Method for Think-Pair-Share ( Tps ) Model To Enhance the Student’s Outcomes. Pedagogik, 06(01), 99–122. https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/575
Afoan, M. Y., Sepe, F., & Djalo, A. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 2054–2058.
Kamal, S. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 10 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2015/2016 Pada Materi Barisan dan Deret. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.22
Latifah, L., & Aviya, N. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Arab di MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 83. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i1.2641
Santika, I. G. N. (2017). Kepala Sekolah Dalam Konsep Kepemimpinan Pendidikan: Suatu Kajian Teoritis. Widya Accarya, 7(1). http://103.39.12.42/index.php/widyaaccarya/article/view/898
Santika, I. G. N. (2018). Strategi Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat Desa Padangsambian Kaja Melalui Pendidikan Karakter Berbasiskan Kepedulian Lingkungan Untuk Membebaskannya dari Bencana Banjir. Widya Accarya, 9(1).
Santika, I. G. N. (2020a). Menelisik Akar Kegaduhan Bangsa Indonesia Pasca Disetujuinya Hasil Revisi UU KPK dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(1), 26–36. https://doi.org/10.23887/jiis.v6i1.25001
Santika, I. G. N. (2020b). Menggali dan Menemukan Roh Pancasila Secara Kontekstual. Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N. (2020c). Optimalisasi Peran Keluarga dalam Menghadapi Persoalan Covid- 19 : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127–137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jiis.v6i2.28437
Santika, I. G. N. (2021a). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah dalam Bidang Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santika, I. G. N. (2021b). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.
Santika, I. G. N., Rindawan, I. K., & Sujana, I. G. (2018). Memperkuat Pancasila Melalui Pergub No. 79 Tahun 2018 dalam Menanggulangi Pengikisan Budaya di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Inovasi dalam Penelitian Sains, Teknologi Dan Humaniora-InoBali, 79, 981–990.
Sulistiyowatie, A. (2016). Penerapan Metode Problem Solving dan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(3), 322–328.
Suryani, E. E., Ishafit, & Program. (2018). Penerapan model pembelajaran Think-Pair-Share ( TPS ) berbantuan Aplikasi APP Inventor pada materi kalor SMA Kelas X untuk meningkatkan hasil belajar. Seminar Nasional Quantum, 25, 425–430.
Widodo, J. (2012). Implementasi Metode Think Pair Share (Tps) Berbantuan Media Power Point Pada Pembelajaran Kewirausahaan Pokok Bahasan Proposal Usaha Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi SMK Negeri 1 Dukuh Turi Kabupaten Tegal. Economic Education Analysis Journal, 1(2).