Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, termasuk dalam kategori penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data didasarkan pada data primer dan data skunder yang dilakukan dengan cara membaca, menelaah, meneliti dan mengumpulkan buku-buku yang berisi teori, pendapat atau pandangan para pakar yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif-analitik, metode penalaran dan metode komparatif.


Hasil penelitian menunjukkan: 1) nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Q.S. Luqman: 12-19 terdiri dari tiga hal, yaitu pendidikan aqidah yang meliputi: larangan menyekutukan Allah dan meyakini adanya tempat kembali. Pendidikan syariah yang berisi tentang perintah mendirikan shalat, dan perintah amar ma’ruf nahi mungkar. Serta pendidikan akhlak, berisi tentang berbakti kepada kedua orang tua, mengajarkan tentang etika bermasyarakat; 2) implikasi nilai-nilai pedidikan Islam yang terkandung dalam surat Luqman tersebut, menjadikan pembentukan kepribadian yang Islami sebagai salah satu pilihan guna membentengi anak sedini mungkin dari pengaruh lingkungan yang negatif.

Article Details

How to Cite
Mukodi, M. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Q.S. Luqman: 12-19 terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 287–300. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/24