Main Article Content

Abstract

Kajian tentang pelaksanaan Pendidikan dasar dan menengah menjadi sangat urgent di


era otonomi daerah mengingat tidak semua daerah bisa men-support kepada sekolah-
sekolah yang ada di daerah untuk melaksanakan 8 standar pendidikan nasional dengan


baik dan tepat. Tulisan ini ingin menunjukkan bagaimana tingkat persepsi dan ekspektasi
masyarakat terhadap pelaksanaan program pendidikan dasar dan menengah yang meliputi
8 standar pendidikan nasional di wilayah Kabupaten Ponorogo. Hasil kajian ini dapat


memberikan masukan kepada pemerintah daerah bahkan secara khusus kepada sekolah-
sekolah di Kabupaten Ponorogo bahwa pelaksanaan pendidikan dasar dan menengah


masih harus ditingkatkan kualitasnya. Mengingat jenjang pendidikan ini merupakan
dasar yang kokoh bagi pembangunan sumber daya manusia sebelum masuk pada jenjang
yang lebih tinggi. Banyak pihak (lebih lagi para orang tua wali murid) berharap terhadap
keberhasilan pendidikan anak-anaknya.

Article Details

How to Cite
Widiyahseno, B. . (2015). Qua Vadis Pendidikan Dasar dan Menengah di Era Otonomi Daerah antara Persepsi dan Ekspektasi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 1054–1071. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/239