Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pembelajaran Matematika Realistik untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa
pada pokok bahasan segitiga Kelas VII-A SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander
Bojonegoro. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari
empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/ evaluasi,
dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VII-A yang berjumlah 35
siswa SMP Plus Al-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. uji analisis data menggunakan uji
Persentase keberhasilan = x 100%. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika dengan menerapkan model pembelajaran matematika realistik dapat
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika siswa
pada pokok bahasan segitiga kelas VII SMP Plus Al Amanah Balongsumber, Dander,
Bojonegoro.

Article Details

How to Cite
rohman, nur. (2016). Pembelajaran Matematika Realisti untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII A SMP Plus Al-Amanah Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 1287–1294. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/235