Main Article Content

Abstract

Kepribadian dan perkembangan kognitif manusia acapkali menimbulkan persoalan. Hal
ini dikarenakan setiap individu mempunyai keunikan, dan tabiatnya masing-masing.


Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka dengan menggunakan metode deskriptif-
analitik. Hasil kajian ini menemukan bahwa (1) kepribadian seseorang pada dasarnya


merupakan perwujudan dari ciri khas yang menyangkut seluruh aspek manusiawi, baik
jasmani, maupun rohani yang dinamis dan unik; (2) perkembangan kognitif ala Jean
Peaget merupakan proses spontan di mana organisme memainkan peran aktifnya. Proses
perkembangannya terdiri atas empat faktor, yakni maturasi, pengalaman transmisi sosial,
dan ekuilibrasi; (3) dekonstruksi kepribadian islami dapat dilakukan secara sistematis
di dunia persekolahan melalui pengkondisian berkepribadian islami; (4) lintas disiplin
keilmuan (cross discipline) menjadi salah satu tumpuhan pembentukan kepribadian
islami.

Article Details

How to Cite
Mukodi, M. (2016). Kepribadian Islami dan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(2), 1279–1286. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/234