Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penerapan pembelajaran jarak jauh dan kesulitan model belajar jarak jauh yang sedang dialami mahasiswa khususnya pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini didapatkan hasil bahwa 10 orang belajar jika ada tugas dari dosen dan 5 orang belajar mandiri meskipun tidak ada tugas dari dosen dan mencari bahan belajar sendiri untuk penguatan materi. Pada penggunaan media belajar di rumah sejumlah 9 orang menjawab bahwa mereka memiliki dan menggunakan secara maksimal media belajar yamh ada di rumah masing-masing, sedangkan 6 orang kurang memaksimalkan media belajar yang ada di rumah. Pada aspek lingkungan belajar sejumlah 2 orang menjawab bahwa lingkungan belajar dan orang sekitarnya kurang peduli terhadap proses belajarnya, 9 orang menjawab bahwa lingkungan belajar dan orang disekitarnya peduli dengan cara monitoring terhadap hal-hal pembelajaramn yang dilakukan anaknya, sedangkan sisanya 4 orang menjawab bahwa orang-orang disekitarnya turut serta membantu mencarikan solusi dan ikut terampil membantu dalam keikutsartaan anak dalam pembelajaran daring.
Keywords
Article Details
References
- Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
- Djamarah. Syaiful Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
- Sadirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
- Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
- Susilana Rudi, Riyana Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
- Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Undang-Undang NO.20 TAHUN 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
References
Aqib, Zainal. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Djamarah. Syaiful Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sadirman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Susilana Rudi, Riyana Cepi. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang NO.20 TAHUN 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Sinar Grafika.