Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan u ntuk mengetahui kes alahan s is wa dalam mengerjakan s oal es ay  berdas arkan  Newman   Error  Analys is (NEA).   Penelitian   ini  merupakan   penelitian kualitatif   s tudi kas us .  Pengambilan   s ampel  menggunakan   purposive  sampling.  Subjek penelitian ini adalah s is wa kelas VIII C SMP N 3 Tulakan tahun ajaran 2019/2020  s ebanyak


28  s is wa.  Ins trumen  yang  digunakan  pada  penelitian   ini   berupa  tes ,  dan  wawancara.


Sedangkan   analis is   data  yang  digunakan   Miles   Huberman.   Bentuk   kes alahan  s is wa berdas arkan Newman’s Error (NEA) adalah s ebagai berikut; 1) readings error, s is wa tidak menulis kan apa yang diketahui dalam s oal karena tidak membaca  perintah s oal dengan baik.


2) comprehensions error, s is wa tidak menulis kan  apa yang ditanyakan  dalam s oal karena tidak memahami  perintah s oal dengan baik. 3) transformations error, s is wa tidak menulis kan rumus  dengan benar karena tidak memahami   materi.  4)  processing sk ill error, s is wa s alah menghitung karena tidak teliti. 5) encoding error, s is wa tidak menulis kan kes impulan karena pada tahap s ebelumnya telah terjadi kesalahan.

Keywords

Kesalahan siswa Newman’s Error Analysis (NEA) lingkaran Kesalahan siswa Newman’s Error Analysis lingkaran

Article Details

How to Cite
Kuncoro, A. D., Qudsiyah, K., & Hidayat, T. (2020). Analisis Kesalahan dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 107–112. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.2.8

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  2. Danoebroto, Sri Wulandari. 2012. “Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural”. Jurnal pembangunan Pendidikan: fondasi dan aplikasi. Vol.1, No.1,98. http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/6625. Diakses pada: 20 December 2019, 19:52:09
  3. Dirgantoro, Kurnia Putri.S. dkk. 2019. “Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Penelitian Pendidikan Ditinjau Dari Prosedur Newman [An Analysyis Of Primary Teacher Education Students Solving Problems In Statistics For Educational Research Using The Newman Procedure]”. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education. Vol 2, No 2,85-86. https://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i2.1203. Diakses pada 20 Desember 2019, 14:19:48
  4. Ningsih, Neni. dkk. 2019. “Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Lingkara n Berdasarkan Kategori Watson”. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7, No. 2,189. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/download/3715/pd f. Diakses pada: 21 Desember 2019, 14:47:46
  5. Siagian, M.D. 2016. “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika”. MES (Journal of Mathematic Education and Science). ISSN: 2528- 4363. Vol.2, No. 1,60. http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117 . Diakses pada: 17 January 2020, 11:08:00.
  6. Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.