Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar  di SD kecamatan Donorojo pada mata pelajaran PKn materi bangga sebagai bangsa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2018. Subjek penelitian ini adalah SD yang dipilih secara random sampling. Pemgumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis menggunakan bantuan Program SPSS for Windows 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan khusus dengan metode bermain peran dibandingkan dengan kelas yang diberi perlakuan pembelajaran biasa menggunakan ceramah. Berdasarkan hasil rerata diperoleh kelas eksperimen memiliki rata-rata 88,33 yang berarti hasil rerata tersebut lebih tinggi daripada  kelas kontrol dengan rata-rata 83,00. Berdasarkan hasil uji-t pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai t sig0.023, nilai sig<0,05 (0.023<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran terhadap hasil belajar PKn di SDN Kecamatan Donorojo tahun pelajaran 2018.

Keywords

hasil belajar PKN metode bermain peran hasil belajar PKn metode bermain peran

Article Details

How to Cite
Irawati, D. ., Mukodi, M., & Suryatin, S. (2020). Pengaruh Metode Bermain Peran terhadap Hasil Belajar PKN di SD Donorojo . Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 60–66. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.2.1

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta.
  2. Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Azwan. 2013. SStrategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Mukodi. 2018. Tela’ah Filosofis Arti Pendidikan dan Faktor-Faktor Pendidikan dalam Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan.Vol. 10, Nomor 1, 1426-1437
  4. Sugiyono. 2015. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
  5. Sutaryanto, & Ayatullah M. Al-Fath. 2016. Pembelajaran Dan Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Magelang: Pantha Rhei Books.
  6. Wahab. A. A. 2012. Metode Dan Model-Model Mengajar. Bandung: Alfabeta.