Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Mendeskripsikan dan mengetahui pemanfaatan media pembelajaran jam sudut pada mata pelajaran matematika siswa kelas empat, mendeskripsikan dan mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dan mendeskripsikan penggunaan media jam sudut terhadap motivasi belajar pada pembelajaran matematika siswa SDN Mentoro. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara angket, dan dokumentasi. Teknik Analisa data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 13 laki-laki dan 15 perempuan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Belum adanya penggunaan media jam sudut pada pembelajaran matematika siswa kelas IV, 2) Dalam pengisian angket terdapat siswa dengan dua kategori yaitu kategori tinggi dan rendah. Dapat dikatakan motivasi belajar siswa kelas IV di SD N Mentoro seimbang diantara keduanya, 3) Adapun dua kategori tersebut yaitu sebanyak kurang lebih 65% dinyatakan dalam kategori sangat baik dan 35% ada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan media jam sudut dalam proses belajar menunjukkan hasil yang lebih baik dan efektif untuk digunakan.

Keywords

Motivasi Belajar media jam sudut Motivasi Belajar Media Jam Sudut

Article Details

How to Cite
Al Fath, A. M. ., & Aristya, F. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Melalui Media Jam Sudut. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(2), 67–73. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.2.2

References

  1. Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Fajri, Ihsanul., Afriansyah, Hade. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Administrasi Pendidikan. Padang: Halaman 1-4. https://files.osf.io/v1/resources/3a6qj/providers/osfstorage/5d2edbf2a667db0019f5b3b5?action=download&direct&version=1.
  3. Fandino, Geovanni Escobar, dkk,. 2019. Motivation and E-Learning English as a foreign language: A qualitative study. Heliyon. Colombia: (5) hal.1-7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02394
  4. Marini, Arita. 2015. Geometri dan Pengukuran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  5. Sadiman, Arief. 2013. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  6. Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta Bandung.
  7. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pecinta matematika). Bandung: Alfabeta.
  9. Uno, Hamzah. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
  10. Utami, Novike. 2015. Penggunaan Media Jam Sudut Terhadap Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. JPGSD. Surabaya: (03: 1) hal 1977. https://pdfslide.tips/download/link/penggunaan-media-jam-sudut-terhadap-hasil-belajar-di-sekolah-dasar.
  11. Verbruggen, Sandy., dkk. 2020. Effectiveness of educational technology in early mathematics education: A systematic literature review. International Journal of Child-Computer Interaction. Belgium: hal.1-33 https://doi.org/10.1016/j.ijcci.2020.1002