Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usabilitas layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STKIP PGRI Pacitan menggunakan metode WebQual 4.0. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas layanan SIAKAD terhadap kepuasan pengguna penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, sedangkan untuk mengetahui kesenjangan antara harapan pengguna dan kinerja sistem digunakan metode Importance Performance Analysis. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified sampling dan teknik solvin untuk penarikan sampel hingga diperoleh 208 responden yang terdiri dari perwakilan tiap prodi.


Dari hasil analisis regresi linier berganda, masing-masing variabel independen ditemukan memiliki nilai thitungttabel dan nilai Sighit sebesar 0,000 Sigprob yang bernilai 0,05 maka bisa dikatakan variabel Usability, Information Quality, dan Interaction Quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna SIAKAD. Sedangkan pada Importance Performance Analysis didapatkan indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 berada pada kuadran satu, dengan gap masing-masing -1,16, -0,87, dan -2,58.


Dari variabel kualitas layanan yang terdapat pada WebQual 4.0 masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap User Satisfaction SIAKAD di STKIP PGRI Pacitan, ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan SIAKAD yang diberikan oleh STKIP PGRI Pacitan kepada mahasiswa, maka akan meningkatkan citra lembaga di mata mahasiswa. Perlu adanya perbaikan pada indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 agar kinerja dari SIAKAD dapat memenuhi harapan dari pengguna, terutama pada variabel Interaction karena memiliki nilai gap terbesar yakni -0,89.


 

Keywords

webqual 4.0 evaluasi kualitas sistem informasi webqual 4.0 evaluasi kualitas sistem informasi

Article Details

How to Cite
Dimuksa, W. (2020). Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 51–60. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.1.8

References

  1. Anwar Sanusi, 2011, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta
  2. A Parasuraman, Valarie A. Zeithmal, Leornard L. Berry, 1990, Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations (The Free Press)
  3. Arikunto, S., 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta., Jakarta
  4. Bryman, Alan and Emma Bell, 2007, Business Research Methods, Oxford University Press, New York
  5. Crosby, Philip B., 1979, Quality is free : The Art of Making Quality Certain, New American Library, New York
  6. Gujarati, D.N., 2004, Basic Econometrics, 4th Edition, McGraw-Hill Companies
  7. Juran J.M., 1993, Quality Planning and Analysis, 3rd Edition, Mc-Graw Hill Book Inc, New York
  8. Laudon, Kenneth C, Jane P. Laudon, 2007, Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke-10, Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P., Salemba Empat, Jakarta
  9. Malhotra, M.K., 2012, Operations Management 10th Edition, Pearson, USA
  10. McDaniel, C. J., & Gates, R., 2013, Marketing Research Essentials 8th edition, John Wiley and Sons, New York
  11. Moh. Nazir, 2011, Metode Penelitian, Cetakan 6, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor
  12. Nursya'bani Purnama, 2006, Manajemen Kualitas, Perspektif Global, Edisi Pertama, Ekonisia Fakultas Ekonomi
  13. Santoso Singgih, 2001, SPSS Versi 10 : Mengolah Data Statistik Secara Profesional, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
  14. Siregar, Syofian, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta
  15. Sudjana, 2003, Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti, Tars, Bandung
  16. Sudjana, 2005, Metode Statistika Edisi ke-6, Tarsito, Bandung
  17. Surjaweni V. W., & Endrayanto, P., 2012, Statistika Untuk Penelitian, Graha Ilmu, Yogyakarta
  18. Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
  19. Supranto, J., 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta
  20. Supranto, J., 2007, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta
  21. Widiyanto, M.A., 2013, Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/Lisrel dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainya, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
  22. Abdullah Taman, Sukirno, Annisa Ratna Sari, 2013, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Nominal, ISSN: 2502-5430, Vol.2 No.1 April, 2013
  23. Adi Supriyatna, Vivi Maria, 2017, Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Informatika, ISSN: 2477-698X, Vol.3 No.2 Desember, 2017
  24. Aditya Prihantara, Wing Wahyu Winarno, Henderi, 2015, Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Kemahasiswaan Di STKIP PGRI Pacitan, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol.5 No.1 Januari, 2015
  25. Agus Hermanto, Supangat, Fridy Mandita, 2017, Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi Servqual dan Webqual Studi Kasus: SIAKAD Politeknik XYZ, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol.3 No.1 April, 2017
  26. Ahmad Homaidi, 2016, Sistem Informasi Akademik AMIK Ibrahimy Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Informatika, Vol.1 No.1 Desember, 2016
  27. Akbarullah, Suyanto, M., Sukoco, 2019, Evaluasi User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Di STKIP PGRI Pacitan, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.11 No.1 Juni, 2019
  28. Budi Setiawan Santoso, Muhammad Fauzi Anwar,2015, Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Situs Kaskus, Researchgate Conference Paper, September, 2015
  29. Deva Nur Fuziah, Dewi Ayu Nur Wulandari, 2018, Pengukuran Kualitas Layanan bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0, , Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, ISSN: 2527-4864, Vol. 3 No. 2 Februari, 2018
  30. Edelwy AprillianaWawolaumaya, Dewiyani Sunarto, Sri Hariani E.W., 2016, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Universitas Narotama, JSIK, ISSN: 2338-137X, Vol.5 No.11, 2016
  31. Jimmy Abdel Kadar, Darmawan Napitulu, Rahmi Kartika Jati, 2017, Analysis of Factors Influencing the Quality of Intranet Website Based on WebQual Approach Case Study in Agency X, 3rd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech), 2017
  32. John A. Martilla, John C. James, 1997, Importance-Performance Analysis Journal Marketing, Vol.41 No.1 Januari, 1997
  33. IGNA Suaryana, IGAE Damayanthi, Ni K. Lely Aryani Merkusiwati, 2016, Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, ISSN: 2303-1018, Vol.11 No.2 Juli, 2016
  34. Rahayu, Y., S., 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa STTKD Yogyakarta, Jurnal Manajemen Dirgantara, ISSN: 2252-7451, Vol. 10 Issue.2 Desember, 2018
  35. RA Kurniawati, A Kusyanti, YT Mursityo, 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasidan Ilmu Komputer, ISSN: 2548-964X, Vol.2 No.3 Maret, 2018
  36. Rini Alfatiyah, 2018, Analisis Kualitas Jasa Periklanan Dengan Kombinasi Metode Servqual Dan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, ISSN: 2620-5793, Vol.1 No.1 Maret, 2018
  37. Siti Monalisa, Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus : UIN SUSKA Riau), Jurnal SiTekIn, ISSN: 2407-0939, Vol.13 No.2, 2016
  38. Ulrica Husein, Nurhadi, Mulyadi, 2019, Pengukuran Kualitas Website Sistem Informasi Akademik STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, Indonesian Journal on Computer and Information Technology, Vol. 4 No.2 November, 2019
  39. Ridho Pamungkas, 2016, Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi di STKIP Widya Yuwana Madiun, Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta