Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi usabilitas layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) STKIP PGRI Pacitan menggunakan metode WebQual 4.0. Untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh kualitas layanan SIAKAD terhadap kepuasan pengguna penelitian ini menggunakan regresi linier berganda, sedangkan untuk mengetahui kesenjangan antara harapan pengguna dan kinerja sistem digunakan metode Importance Performance Analysis. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan stratified sampling dan teknik solvin untuk penarikan sampel hingga diperoleh 208 responden yang terdiri dari perwakilan tiap prodi.
Dari hasil analisis regresi linier berganda, masing-masing variabel independen ditemukan memiliki nilai thitungttabel dan nilai Sighit sebesar 0,000 Sigprob yang bernilai 0,05 maka bisa dikatakan variabel Usability, Information Quality, dan Interaction Quality memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna SIAKAD. Sedangkan pada Importance Performance Analysis didapatkan indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 berada pada kuadran satu, dengan gap masing-masing -1,16, -0,87, dan -2,58.
Dari variabel kualitas layanan yang terdapat pada WebQual 4.0 masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan terhadap User Satisfaction SIAKAD di STKIP PGRI Pacitan, ini berarti bahwa semakin baik kualitas pelayanan SIAKAD yang diberikan oleh STKIP PGRI Pacitan kepada mahasiswa, maka akan meningkatkan citra lembaga di mata mahasiswa. Perlu adanya perbaikan pada indikator X1.5, X2.5, dan X3.6 agar kinerja dari SIAKAD dapat memenuhi harapan dari pengguna, terutama pada variabel Interaction karena memiliki nilai gap terbesar yakni -0,89.
Keywords
Article Details
References
- Anwar Sanusi, 2011, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta
- A Parasuraman, Valarie A. Zeithmal, Leornard L. Berry, 1990, Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations (The Free Press)
- Arikunto, S., 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta., Jakarta
- Bryman, Alan and Emma Bell, 2007, Business Research Methods, Oxford University Press, New York
- Crosby, Philip B., 1979, Quality is free : The Art of Making Quality Certain, New American Library, New York
- Gujarati, D.N., 2004, Basic Econometrics, 4th Edition, McGraw-Hill Companies
- Juran J.M., 1993, Quality Planning and Analysis, 3rd Edition, Mc-Graw Hill Book Inc, New York
- Laudon, Kenneth C, Jane P. Laudon, 2007, Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke-10, Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P., Salemba Empat, Jakarta
- Malhotra, M.K., 2012, Operations Management 10th Edition, Pearson, USA
- McDaniel, C. J., & Gates, R., 2013, Marketing Research Essentials 8th edition, John Wiley and Sons, New York
- Moh. Nazir, 2011, Metode Penelitian, Cetakan 6, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor
- Nursya'bani Purnama, 2006, Manajemen Kualitas, Perspektif Global, Edisi Pertama, Ekonisia Fakultas Ekonomi
- Santoso Singgih, 2001, SPSS Versi 10 : Mengolah Data Statistik Secara Profesional, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
- Siregar, Syofian, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta
- Sudjana, 2003, Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti, Tars, Bandung
- Sudjana, 2005, Metode Statistika Edisi ke-6, Tarsito, Bandung
- Surjaweni V. W., & Endrayanto, P., 2012, Statistika Untuk Penelitian, Graha Ilmu, Yogyakarta
- Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
- Supranto, J., 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta
- Supranto, J., 2007, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta
- Widiyanto, M.A., 2013, Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/Lisrel dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainya, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
- Abdullah Taman, Sukirno, Annisa Ratna Sari, 2013, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Nominal, ISSN: 2502-5430, Vol.2 No.1 April, 2013
- Adi Supriyatna, Vivi Maria, 2017, Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Informatika, ISSN: 2477-698X, Vol.3 No.2 Desember, 2017
- Aditya Prihantara, Wing Wahyu Winarno, Henderi, 2015, Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Kemahasiswaan Di STKIP PGRI Pacitan, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol.5 No.1 Januari, 2015
- Agus Hermanto, Supangat, Fridy Mandita, 2017, Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi Servqual dan Webqual Studi Kasus: SIAKAD Politeknik XYZ, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol.3 No.1 April, 2017
- Ahmad Homaidi, 2016, Sistem Informasi Akademik AMIK Ibrahimy Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Informatika, Vol.1 No.1 Desember, 2016
- Akbarullah, Suyanto, M., Sukoco, 2019, Evaluasi User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Di STKIP PGRI Pacitan, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.11 No.1 Juni, 2019
- Budi Setiawan Santoso, Muhammad Fauzi Anwar,2015, Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Situs Kaskus, Researchgate Conference Paper, September, 2015
- Deva Nur Fuziah, Dewi Ayu Nur Wulandari, 2018, Pengukuran Kualitas Layanan bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0, , Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, ISSN: 2527-4864, Vol. 3 No. 2 Februari, 2018
- Edelwy AprillianaWawolaumaya, Dewiyani Sunarto, Sri Hariani E.W., 2016, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Universitas Narotama, JSIK, ISSN: 2338-137X, Vol.5 No.11, 2016
- Jimmy Abdel Kadar, Darmawan Napitulu, Rahmi Kartika Jati, 2017, Analysis of Factors Influencing the Quality of Intranet Website Based on WebQual Approach Case Study in Agency X, 3rd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech), 2017
- John A. Martilla, John C. James, 1997, Importance-Performance Analysis Journal Marketing, Vol.41 No.1 Januari, 1997
- IGNA Suaryana, IGAE Damayanthi, Ni K. Lely Aryani Merkusiwati, 2016, Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, ISSN: 2303-1018, Vol.11 No.2 Juli, 2016
- Rahayu, Y., S., 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa STTKD Yogyakarta, Jurnal Manajemen Dirgantara, ISSN: 2252-7451, Vol. 10 Issue.2 Desember, 2018
- RA Kurniawati, A Kusyanti, YT Mursityo, 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasidan Ilmu Komputer, ISSN: 2548-964X, Vol.2 No.3 Maret, 2018
- Rini Alfatiyah, 2018, Analisis Kualitas Jasa Periklanan Dengan Kombinasi Metode Servqual Dan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, ISSN: 2620-5793, Vol.1 No.1 Maret, 2018
- Siti Monalisa, Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus : UIN SUSKA Riau), Jurnal SiTekIn, ISSN: 2407-0939, Vol.13 No.2, 2016
- Ulrica Husein, Nurhadi, Mulyadi, 2019, Pengukuran Kualitas Website Sistem Informasi Akademik STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, Indonesian Journal on Computer and Information Technology, Vol. 4 No.2 November, 2019
- Ridho Pamungkas, 2016, Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi di STKIP Widya Yuwana Madiun, Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta
References
Anwar Sanusi, 2011, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta
A Parasuraman, Valarie A. Zeithmal, Leornard L. Berry, 1990, Delivering Quality Service : Balancing Customer Perception and Expectations (The Free Press)
Arikunto, S., 2013, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta., Jakarta
Bryman, Alan and Emma Bell, 2007, Business Research Methods, Oxford University Press, New York
Crosby, Philip B., 1979, Quality is free : The Art of Making Quality Certain, New American Library, New York
Gujarati, D.N., 2004, Basic Econometrics, 4th Edition, McGraw-Hill Companies
Juran J.M., 1993, Quality Planning and Analysis, 3rd Edition, Mc-Graw Hill Book Inc, New York
Laudon, Kenneth C, Jane P. Laudon, 2007, Sistem Informasi Manajemen. Edisi ke-10, Terjemahan Chriswan Sungkono dan Machmudin Eka P., Salemba Empat, Jakarta
Malhotra, M.K., 2012, Operations Management 10th Edition, Pearson, USA
McDaniel, C. J., & Gates, R., 2013, Marketing Research Essentials 8th edition, John Wiley and Sons, New York
Moh. Nazir, 2011, Metode Penelitian, Cetakan 6, Penerbit Ghalia Indonesia, Bogor
Nursya'bani Purnama, 2006, Manajemen Kualitas, Perspektif Global, Edisi Pertama, Ekonisia Fakultas Ekonomi
Santoso Singgih, 2001, SPSS Versi 10 : Mengolah Data Statistik Secara Profesional, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Siregar, Syofian, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, PT Fajar Interpratama Mandiri, Jakarta
Sudjana, 2003, Teknik Analisis Regresi dan Korelasi Bagi Para Peneliti, Tars, Bandung
Sudjana, 2005, Metode Statistika Edisi ke-6, Tarsito, Bandung
Surjaweni V. W., & Endrayanto, P., 2012, Statistika Untuk Penelitian, Graha Ilmu, Yogyakarta
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
Supranto, J., 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta
Supranto, J., 2007, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta
Widiyanto, M.A., 2013, Statistika Terapan, Konsep dan Aplikasi SPSS/Lisrel dalam Penelitian Pendidikan, Psikologi dan Ilmu Sosial Lainya, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Abdullah Taman, Sukirno, Annisa Ratna Sari, 2013, Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Nominal, ISSN: 2502-5430, Vol.2 No.1 April, 2013
Adi Supriyatna, Vivi Maria, 2017, Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Informatika, ISSN: 2477-698X, Vol.3 No.2 Desember, 2017
Aditya Prihantara, Wing Wahyu Winarno, Henderi, 2015, Evaluasi Implementasi Sistem Informasi Kemahasiswaan Di STKIP PGRI Pacitan, Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol.5 No.1 Januari, 2015
Agus Hermanto, Supangat, Fridy Mandita, 2017, Evaluasi Usabilitas Layanan Sistem Informasi Akademik Berdasarkan Kombinasi Servqual dan Webqual Studi Kasus: SIAKAD Politeknik XYZ, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol.3 No.1 April, 2017
Ahmad Homaidi, 2016, Sistem Informasi Akademik AMIK Ibrahimy Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Informatika, Vol.1 No.1 Desember, 2016
Akbarullah, Suyanto, M., Sukoco, 2019, Evaluasi User Experience Pada Sistem Informasi Akademik Di STKIP PGRI Pacitan, Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol.11 No.1 Juni, 2019
Budi Setiawan Santoso, Muhammad Fauzi Anwar,2015, Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) pada Situs Kaskus, Researchgate Conference Paper, September, 2015
Deva Nur Fuziah, Dewi Ayu Nur Wulandari, 2018, Pengukuran Kualitas Layanan bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0, , Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, ISSN: 2527-4864, Vol. 3 No. 2 Februari, 2018
Edelwy AprillianaWawolaumaya, Dewiyani Sunarto, Sri Hariani E.W., 2016, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Universitas Narotama, JSIK, ISSN: 2338-137X, Vol.5 No.11, 2016
Jimmy Abdel Kadar, Darmawan Napitulu, Rahmi Kartika Jati, 2017, Analysis of Factors Influencing the Quality of Intranet Website Based on WebQual Approach Case Study in Agency X, 3rd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech), 2017
John A. Martilla, John C. James, 1997, Importance-Performance Analysis Journal Marketing, Vol.41 No.1 Januari, 1997
IGNA Suaryana, IGAE Damayanthi, Ni K. Lely Aryani Merkusiwati, 2016, Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem Informasi Berbasis Web, Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, ISSN: 2303-1018, Vol.11 No.2 Juli, 2016
Rahayu, Y., S., 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Terhadap Kepuasan Mahasiswa STTKD Yogyakarta, Jurnal Manajemen Dirgantara, ISSN: 2252-7451, Vol. 10 Issue.2 Desember, 2018
RA Kurniawati, A Kusyanti, YT Mursityo, 2018, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasidan Ilmu Komputer, ISSN: 2548-964X, Vol.2 No.3 Maret, 2018
Rini Alfatiyah, 2018, Analisis Kualitas Jasa Periklanan Dengan Kombinasi Metode Servqual Dan Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, ISSN: 2620-5793, Vol.1 No.1 Maret, 2018
Siti Monalisa, Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Penerapan Metode Webqual (Studi Kasus : UIN SUSKA Riau), Jurnal SiTekIn, ISSN: 2407-0939, Vol.13 No.2, 2016
Ulrica Husein, Nurhadi, Mulyadi, 2019, Pengukuran Kualitas Website Sistem Informasi Akademik STIKOM Dinamika Bangsa Jambi, Indonesian Journal on Computer and Information Technology, Vol. 4 No.2 November, 2019
Ridho Pamungkas, 2016, Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi di STKIP Widya Yuwana Madiun, Tesis, Magister Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta