Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara antara literasi numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausal korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pacitan tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes literasi numerasi, tes kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bangun ruang sisi datar. Uji syarat analisis menggunakan uji normalitas, uji multokolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji linearitas serta pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis data menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara literasi numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa,
Keywords
Article Details
References
- Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Han, Weilin, dkk. 2017. Materi Pendukung Gerakan Literasi.
- Peers, Ian. 1996. Statistical Analysis For Education and Psycology Researchers. UK. Falmer Press.
- Mahmud, Muhammad Rifqi & Pratiwi, Inne Marthyane. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALIMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4, No.1 Tahun 2019. ISSN. 2527-5607. Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
- Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulu 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Roebyanto, Goenawan & Harmini, Sri. 2017. Pemecahan Masalah Matematika.
- Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Saryono & Anggraeni, Mekar Dwi. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
- Soyomukti, Nurani. 2010. Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis- Sosialis, Postmodern. Jogjakarta: AR-RUZZ Media
- Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA, cv
- Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
- Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Han, Weilin, dkk. 2017. Materi Pendukung Gerakan Literasi.
Peers, Ian. 1996. Statistical Analysis For Education and Psycology Researchers. UK. Falmer Press.
Mahmud, Muhammad Rifqi & Pratiwi, Inne Marthyane. 2019. Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALIMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4, No.1 Tahun 2019. ISSN. 2527-5607. Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulu 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Roebyanto, Goenawan & Harmini, Sri. 2017. Pemecahan Masalah Matematika.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Saryono & Anggraeni, Mekar Dwi. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dalam Bidang Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Soyomukti, Nurani. 2010. Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis- Sosialis, Postmodern. Jogjakarta: AR-RUZZ Media
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA, cv
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.