Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat empati anak di TK Tunas Harapan Desa Kalak. Penelitian ini merupakan studi kasus. Data diambil dari lembar observasi guru terhadap perilaku anak didik. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 17 Desember 2019 sampai 31 Desember 2019. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa dan 1 orang guru. Empati dilihat dari 17 kriteria berikut: mampu mengenali ekspresi teman (10 siswa mampu mengenali ekspresi teman sedangkan 14 siswa tidak), mampu menghampiri teman yang sedang kesulitan (11 siswa mampu sedangkan 13 siswa tidak), mampu menghibur teman ketika sedang sedih (7 siswa mampu sedangkan 17 siswa tidak), mampu meminta izin saat meminjam (20 siswa mau sedangkan 4 siswa tidak), mampu menghargai pendapat teman (18 siswa mampu sedangkan 6 siswa tidak), mampu menghargai hasil karya (21 siswa yang sudah mampu sedangkan 3 siswa tidak), mampu meminjamkan barang miliknya (22 siswa dapat meminjamkan barang miliknya sedangkan 2 siswa tidak), bersikap jujur dalam bermain (sebanyak 24 siswa sudah mampu berperilaku jujur), mampu menaati peraturan sekolah (10 siswa mampu sedangkan 14 siswa tidak), sabar menunggu giliran (11 siswa sudah mampu bersabar sedangkan 13 siswa tidak sabar), mau berbagi dengan teman (22 siswa mau berbagi sedangkan 2 siswa tidak), mampu bersikap kooperatif dengan teman (9 siswa mampu kooperatif sedangkan 15 siswa tidak), mampu mendengarkan saat guru berbicara (17 siswa yang dapat mendengarkan guru sedangkan 7 siswa tidak), mau mendoakan teman yang sakit (9 siswa yang dapat melakukanya sedangkan 15 siswa tidak), tidak iri melihat keberhasilan teman (15 siswa yang dapat  sedangkan 9 siswa tidak), mampu mengekspresikan perasaan secara wajar (23 siswa yang tidak mampu sedangkan 1 siswa tidak mampu) dan tidak membeda-bedakan teman 10 siswa yang mampu sedangkan 14 siswa tidak)

Keywords

Empati interaksi pendidikan anak Empati interaksi pendidikan anak

Article Details

How to Cite
Azka, D. R. ., & Wibawa, S. H. . (2020). Tiada Empati Tanpa Interaksi: Studi Kasus Empati Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 6–11. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.1.2