Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan mahasiswa dalam mengembangkan ide pada basic writing. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data diambil dari mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Pacitan yang telah mendapatkan mata kuliah basic writing. Data diambil mengunakan platform Google Form. Responden diambil secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan ide pada basic writing. Sebanyak 80% mahasiswa mengalami kesulitan dalam memunculkan ide karena mereka selalu merasa ide yang telah mereka dapatkan kurang bagus atau kurang berkualitas, sehingga membuat mereka menjadi kebingungan sebelum menemukan judul terbaiknya. Hal ini tentu akan menghambat proses dari pembuatan tulisan itu sendiri, karena di awal sudah terlalu banyak memakan waktu untuk menentukan ide yang bagus. 10% mahasiswa mengalami kesulitan dalam memunculkan ide dalam menulis karena mahasiswa tidak pernah membaca, sehingga mahasiswa tidak mempunyai referensi yang banyak. Sedangkan 10% lainnya merasa kesulitan karena diberikan tema yang sama dengan teman satu kelasnya.

Article Details

How to Cite
Aprilia, B., P, D. R. A., Widyaningsih, L. ., & Apriyanti, C. . (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Mengembangkan Ide pada Basic Writing. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 1–5. https://doi.org/10.21137/jpp.2020.12.1.1