Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil
belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten, (3) pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil
belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten, (4) pengaruh sarana praktek terhadap hasil
belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten, dan (5) pengaruh minat belajar, motivasi
belajar, kreatifitas siswa, dan sarana praktek secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran
simulasi digital di Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat korelasional.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK paket keahlian teknik komputer dan jaringan pada mata
pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten. Pengambilan sampel menggunakan proportional random
sampling menggunakan rumus Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%, sampel sebanyak 141 siswa
diambil dari empat SMK di Kabupaten Klaten. Pengumpulan data ditentukan dengan menggunakan
angket. Pengujian validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement dan uji coba instrumen.
Pengujian reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi
analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh
yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten
Klaten, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran
simulasi digital di Kabupaten Klaten, (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas siswa
terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten Klaten, (4) terdapat pengaruh yang
signifikan antara sarana praktek terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di Kabupaten
Klaten, dan (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar, motivasi belajar, kreatifitas siswa,
dan sarana praktek secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata pelajaran simulasi digital di
Kabupaten Klaten.