Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan wujud implementasi
pendidikan karakter berdasarkan nilai-nilai pancasila. Jenis penelitian ini adalah kualitatif.
Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi.
Wawancara mendalam ini dilakukan kepada seluruh mahasiswa prodi PPKn angakatan
2017 yang berjumlah 30 orang responden dan dosen metakuliah yang berjumlah 2 orang.
Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah interpretasi data secara kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa implementasi pendidikan karakter pada peserta didik
mulai dari perencanaan dan pelaksanaan belum optimal sesuai harapan. Ketidakoptimalan
yang terjadi disebabkan oleh berbagai hambatan yaitu kurangnya kesadaran pada diri
peserta didik, kurangnya pengawasan dosen pada saat peserta didik menerapkan nilai
pancasila pada proses pembelajaran. Hambatan yang terjadi dalam impelementasi
pendidikan karakter adalah belum banyak kesadaran serta dukungan peserta didik dalam
menerapkan nilai-nilai pancasila di kehidupan sehari-hari. Hambatan-hambatan ini tidak
terlalu signifikan sebab dosen masih bisa mengatasinya agar nilai-nilai pancasila bisa di
terapkan dalam kehidupan peserta didik. Hal ini perlu adanya dukungan dan dorongan
dari berbagai pihak yang berwenang di lembaga tersebut.

Article Details

How to Cite
Wijiastutik, N. F. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila di STKIP PGRI Lamongan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(2), 1407–1410. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/212