Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan korelasi antara topik yang menarik
dari bacaan teks dan pemahaman bacaan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua semester
ketiga Jurusan Bahasa Inggris IKIP PGRI Bojonegoro yang terdiri dari dua kelas.
Jumlah siswa adalah 84 siswa. Sampel penelitian adalah 42 siswa yang diambil dengan
teknik cluster random sampling. Instrumen dalam mengumpulkan data adalah kuesioner
dan tes. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data topik bacaan yang menarik;
sedangkan tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan siswa dalam
pemahaman membaca. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah momen
produk pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi
yang signifikan antara skor kuesioner topik menarik dan skor tes membaca (r= 0,417)>
rt adalah 0,304. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa topik membaca yang menarik
adalah variabel penting bagi kemampuan siswa dalam pemahaman membaca.