Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kualitatif dengan menggunakan
metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji analisis data menggunakan teori
educating for karakter tentang pengajaran sikap hormat dan tanggung jawab milik
Thomas Licona. Hasil penelitian ini: (1) implementasi nilai pendidikan karakter dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri
1 Ponorogo melaui penanaman nilai karakter kejujuran. Meliputi, pembiasaan dan
keteladanan dimana dua hal tersebut tidak dapat dipisahkan; (2) faktor pendukung dan
penghambat, meliputi: (a) faktor pendukungnya adalah lingkungan sekolah, orang tua dan
semua pihak sekolah serta sarana didirikan kantin kejujuran; (b) faktor penghambatnya,
yakni lingkungan keluarga itu sendiri, serta faktor intelektual peserta didik.

Article Details

How to Cite
Nurhayati, N. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Kejujuran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMKN 1 Ponorogo. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 1543–1549. Retrieved from https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/209